Hadiri Event Tahunan 'Ma'rimpa Salo', Wabup Sinjai Harap Budaya Lokal Tarik Banyak Wisatawan -->
Cari Berita

Hadiri Event Tahunan 'Ma'rimpa Salo', Wabup Sinjai Harap Budaya Lokal Tarik Banyak Wisatawan


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Wakil Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, S.Sos bersama  para anggota Forkopimda menghadiri acara Ma'rimpa Salo yang berlangsung di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Selasa (10/10).

Ma'rimpa Salo adalah event tahunan yang berarti menghalau ikan di sungai yaitu dari hulu ke muara. Dahulu kala, sebelum masuknya Islam di daerah ini, kegiatan ini dilaksanakan dengan ritual. Dan kini, kegiatan dimaksudkan untuk memelihara tradisi sebagai bentuk rasa syukur dan mempererat silaturrahmi.

Event yang menjadi agenda tahunan pariwisata di Kabupaten Sinjai ini digelar di pesisir sungai yang menjadi penghubung antara Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe dengan Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur. Dengan alasan itulah, event ini digelar dengan mengambil tempat secara bergantian antara kedua desa tersebut.

Acara diawali dengan menampilkan tarian serta Mappaddekko yang menampilkan empat orang penari wanita dan empat orang laki-laki serta dua orang pesilat yang menambah keceriaan dengan menggunakan alu dan lesung. Kelompok Mappaddekko merupakan binaan Dinas Pariwisata, baru-baru ini meraih Juara III tingkat Prov.Sulsel. Setelah Mappaddekko dilanjutkan dengan Mappelo' yaitu adu kekuatan dengan menggunakan lengan.

Kepala Desa Sanjai, A. Muh.Arsal,S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai event tahunan, dia mengharapkan kedepannya dukungan dari masyarakat desa, para budayawan dan pemerintah sehingga acara ini dapat dikemas dengan baik sehingga dapat menarik wisatawan.

Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar membacakan sambutan Bupati, menyampaikan bahwa kita patut bersyukur karena daerah kita memiliki potensi sehingga dapat dikemas dengan baik sehingga mendatangkan wisatawan dan meningkatkan pendapatan daerah.

Ia juga mengajak agar dalam melakukan promosi berbagai budaya tersebut dapat tetap menjaga kemurnian budaya.

Dalam acara ini juga berlangsung penyerahan hadiah sejumlah lomba yang digelar untuk memeriahkan event ini. Diantaranya lomba karaoke yang digelar dua malam sebelumnya serta lomba perahu hias nelayan.

Usai memberikan sambutan Wabup bersama rombongan menuju kapal nelayan berhias untuk selanjutnya Ma'rimpa Salo.

BURHAN/MULIANA AMRI