Sukses Penilaian Akreditasi, Puskesmas Samataring dan Lappadata Raih Predikat Madya dan Utama -->
Cari Berita

Sukses Penilaian Akreditasi, Puskesmas Samataring dan Lappadata Raih Predikat Madya dan Utama


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Setelah melalui berbagai tahapan pada Penilaian Akreditasi Puskesmas, dua Puskesmas di Kabupaten Sinjai yakni Puskesmas Lappadata dan Puskesmas Samataring akhirnya menuai hasil. Jumat 4 Agustus 2017.

Predikat Madya diraih oleh Puskesmas Samataring dan Predikat Utama diraih oleh Puskesmas Lappadata.

"Alhamdulillah berkat kerja sama tim di Puskesmas Lappadata, predikat utama dapat kami raih. Yang paling penting ke depannya adalah upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien akan terus kita pertahankan bahkan kita tingkatkan," ujar Kepala Puskesmas Lappadata Asrul SKM.

Di lain tempat, Kepala Puskesmas Samataring Suherlan, SKM.,M.Kes juga memberikan tanggapan bahwa Predikat Madya yang kami raih adalah hasil dari kerja sama semua pihak terkait di wilayah Puskesmas Samataring serta dukungan dari Kadis Kesehatan dr. Andi Suryanto Asapa.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan yang diberikan kepada kami, semoga apa yang kami raih ini membuat kami bisa lebih baik lagi dalam meningkatkan mutu pelayanan buat masyarakat di Puskesmas Samataring," tuturnya.

Dalam penilaian akreditasi puskesmas ada beberapa kategori yang dapat diraih oleh puskesmas yakni Dasar, Madya, Utama dan predikat tertinggi adalah Paripurna.

Akreditasi puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuan umum akreditasi puskesmas adalah meningkatkan mutu layanan puskesmas. Adapun tujuan khususnya adalah memacu puskesmas untuk memenuhi standar.

"Kami bersyukur, dua puskesmas itu akhirnya bisa lolos akreditasi dan semoga apa yang diraih kedua puskesmas tersebut tidak menjadikan kita bangga namun menjadikan kita lebih giat lagi dan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa.

Ia juga berharap bahwa penilaian ini tidak cukup kalau hanya lulus namun bagaimana kedepannya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas.


BURHAN/MULIANA AMRI