Salut, Dua Nakes Teladan Sinjai Masuk 3 Besar Nasional Penilaian Kemenkes -->
Cari Berita

Salut, Dua Nakes Teladan Sinjai Masuk 3 Besar Nasional Penilaian Kemenkes


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Penilaian Kementerian Kesehatan terhadap tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat nasional, dengan 9 kategori yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, laboran, kesehatan masyarakat, kefarmasian, kesehatan lingkungan, dan tenaga gizi. Penilaian tersebut diikuti oleh petugas teladan setiap provinsi. Selasa 15 Agustus 2017.

Usai terpilih menjadi teladan 1 tingkat provinsi, dr. A. Muh. Akram Kastiran yang berasal dari Puskesmas Kampala Kecamatan Sinjai Timur, berhasil masuk 3 besar nasional setiap kategori dan selanjutnya akan mempresentasikan di depan juri.

Selain kategori dokter, juga tenaga laboran atas nama Maemanah Noer, SKM yang bekerja di Puskesmas Samaenre Sinjai Selatan juga berhasil masuk 3 besar.

Penilaian ini berlangsung di Hotel Sahid Jakarta, didampingi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa. 

Inovasi dari dr. Akram memiliki inovasi yaitu “Komunitas sayang jantung (Kita Sayang) sebagai inovasi yang efektif dalam promotif dan preventif terhadap penanganan penyakit jantung koroner di Sinjai”.

Sementara Maemanah dengan judul inovasi “Pentingnya pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan pada ibu hamil melalui model pemeriksaan di luar gedung”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai yang akrab disapa dr. Dedeth ini mengaku sangat bangga dengan prestasi yang dicapai, karena mampu mencapai 3 besar.

"Ini merupakan keberhasilan yang tidak mudah, dan berhasil menyisihkan tenaga kesehatan teladan lainnya dari 34 provinsi. Dan rencananya para tenaga kesehatan teladan terbaik nasional ini akan mengahadiri upacara dalam memperingati detik-detik proklamasi HUT kemerdekaan RI ke-72 tahun dan malam ramah tamah," ujar dr. Dedeth


BURHAN/MULIANA AMRI