Inilah Rangkaian Kegiatan Hakteknas ke-22 di Makassar 2017 -->
Cari Berita

Inilah Rangkaian Kegiatan Hakteknas ke-22 di Makassar 2017

Kepala Bagian Hukum, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Sekretariat Ditjen Penguatan Inovasi Selaku Sekretaris Harian Peringatan Hakteknas ke-22 Tahun 2017, Supriyadi (tengah) saat melakukan sosialisasi Hakteknas di Kopertis IX Sulawesi beberapa waktu lalu.
BUGISWARTA.com, Makassar -- Puncak rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi (Hakteknas) ke-22, akan dilaksanakan di Makassar pada 10 Agustus 2017. 

Lokasi kegiatan pada acara puncak di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, akan dihadiri oleh Presiden RI Jokowi, Menteri Kabinet Kerja, serta pejabat lainnya, baik yang ada dpusat maupun di daerah.   

Kepala Bagian Hukum, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Sekretariat Ditjen Penguatan Inovasi Selaku Sekretaris Harian Peringatan Hakteknas ke-22 Tahun 2017, Supriyadi dalam rilis diterima media, Kamis (27 Juli 2017).

Dijelaskan, pada 16 Juni 2017 telah dilakukan launhcing Hakteknas di Pelabuhan Paotere Makassar dan sebelunya di Kemenristekdikti juga telah diluncurkn pada 24 April 2017.

Kegiatan lainya berupa bakti teknologiantara lain: tanam serentak benih padi unggul SIDENUK produk Batan, dengan teknologi; tanam IPAT-BO dari UNPAD, di 24 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan, kata Supriadi.

Panen di Pangkep dan  Barru (9 Agustus 2017); pembuatan kapal pelat datar; pembuatan kaki palsu (prothesa), bagi 30 orang yang membutuhkan di Kota Makassar; serta safari pusat unggulan Iptek, bakti untuk negeri, tegasnya .

Jenis kegiatan lain adaah anugerah iptek, kegiatan talkshow/live streaming TV, yang dilaksanakan untuk kegiatan-kegiatan pendukung, dan acara puncak.

Kegiatan ilmiah skala nasional dan internasional, antara lain: international symposium on marine plastic debris, Kemenko Kamaritiman, di Kota Makassar.

Kuliah Umum di Politani Barru, Kab. Barru (9 Agustus 2017). Forum Start Up Nasional, di Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar (11 Agustus 2017).

Ada juga side event, antara lain:  Launching Science Center Daerah (SCD) di Kab. Pare Pare, oleh Bapak BJ. Habibie (11 Agustus 2017);  Lomba Penulisan, Foto Iptek, Apresiasi Media Wartawan dan Umum Di Jakarta;  Car Free Day – Gerak Jalan Sehat, di Anjungan Pantai Losari (6 Agustus 2017).

Ritech Expo, ajang pamer produk inovasi nasional di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Welcoming Dinner, penyambutan Tamu VIP di Rujab Gubernur Sulsel (9 Agustus 2017).

Acara Puncak, di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, akan dihadiri Presiden RI, Menteri Kabinet Kerja, serta pejabat  lainnya, baik di pusat maupun di daerah (10 Agustus 2017).

Malam Apresiasi, di Fort Rotterdam, akan dilaksanakan pemberian penghargaan Anugerah Iptek (10 Agustus 2017).

Penyerahan, Pataka Harteknas ke-23 Tahun 2018, pada acara puncak kepada Provinsi Riau, pada 10 Agustus 2017.

YAHYA MUSTAFA/MULIANA AMRI