Pemkab Sinjai Canangkan Gemar Membaca Sekaligus Launching Kafe Baca -->
Cari Berita

Pemkab Sinjai Canangkan Gemar Membaca Sekaligus Launching Kafe Baca


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Gemar membaca seyogyanya dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga merupakan lingkup yang paling strategis untuk memunculkan generasi yang berwawasan luas mampu bergaul di dunia modern yang terus bergerak dengan cepat.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Administrasi, Perekonomian,Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab. Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B. Situru.,M.AP ketika mewakili Bupati dalam acara Pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca dengan Tema "Mari Membangun Masyarakat Sinjai Melalui Budaya Baca dan Perpustakaan". 

"Pencanangan Sinjai Gemar Membaca dengan tema tersebut akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan, salah satunya saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh OPD, Sekolah/Madrasah dan seluruh elemen masyarakat Sinjai diharapkan sebelum melakukan aktifitas agar membaca buku 10 sampai 15 menit. Kepala OPD diharapkan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menyiapkan sarana baca pada ruang tunggu pelayanan umum" Jelasnya.

Acara tersebut berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin sore (22/5).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Sinjai, La Baba Paisal, SH.,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca  dan Tempat Baca di Taman Baca adalah serentetan kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 15 April sampai 14 Juni 2017 sebagai program jangka pendek (dua bulan) dan akan dilanjutkan dalam program jangka menengah (satu tahun) dan program jangka panjang (tiga tahun) yang dikemas sebagai inovasi perpustakaan.

"Inovasi perpustakaan yang kami lakukan diawali dengan identifikasi masalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan merumuskan permasalahan, penyebab masalah, akar masalahnya dan solusi yang perlu dilakukan baik secara teknikal maupun adaptif" Tuturnya.

Wujud inovasi perpustakaan sampai saat ini dalam upaya mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat antara lain telah membentuk tiga kelompok pemerhati perpustakaan, telah lahir MoU dengan Dandim 1424 Sinjai tentang Perpustakaan Bergerak, telah lahir MoU dengan Dinas Pendidikan tentang Pemanfaatan Perpustakaan, terbangunnya Kafe Baca dan Tempat Baca di taman baca yang di dukung dengan Pelayanan Internet Gratis, membuka layanan full sirkulasi mulai pukul 08.00 s.d pukul 22.00 senin-minggu kecuali hari besar serta memperluas layanan perpustakaan bergerak yaitu di tempat umum seperti Car Free Day, tempat wisata Tongke-tongke, tempat wisata karampuang Pattongko dan tempat wisata kuliner Tepian Sungai Tangka.

Dalam acara tersebut berlangsung pula penyerahan hadiah bagi juara 1 Lomba pidato dan lomba bercerita serta pemukulan gong sebagai tanda pencanangan dan launching.

BURHAN/MULIANA AMRI