Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Persiapkan Hal Ini -->
Cari Berita

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Persiapkan Hal Ini



Sahabat Bugiswarta.com, kurang lebih 4 hari lagi kita bertemu dengan bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh dengan magfirah tentu saja semua umat muslim dengan sukacita menyambut kedatangan bulan tersebut. Eiiits.. suka cita saja tidak cukup untuk membuat ramadhan kita menjadi berkualitas. Dibutuhkan persiapan khusus agar hasil yang kita peroleh nanti sesuai dengan yang kita harapkan. Begitu pula dalam menyambut bulan Ramadhan, jangan sampai sesuatu yang harusnya bermanfaat akan menjadi hal yang sia-sia. 

Nah berikut ini adalah 5 hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan : 

1.   Niat            
Kita semua tahu bahwa semua hal berawal dari niat. Namun terkadang niat bisa berubah-ubah. Niat di awalnya apa nanti beda dengan niat saat dan setelah sesuatu hal tersebut terjadi. Sama dengan halnya dengan amalan-amalan yang akan kita laksanakan pada bulan Ramadhan. Niat kita harus tulus ikhlas untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT bukan untuk yang lain. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yaitu “Sesunguhnya amal perbuatan tergantung pada NIATnya” (HR : Bukhori). Jadi niat kita haruslah benar agar amalan kita dapat diterima oleh Allah. Jangan sampai niat kita itu selain karena Allah SWT dan satu lagi yang perlu dipastikan bahwa niat kita harus konsisten dari awal sampai akhir hanya untuk mengaharapkan ridho Allah SWT.
2.   Persiapan Ilmu            
Agar amalan atau aktifitas kita selama bulan Ramadhan dapat berjalan dengan optimal maka kita perlu ilmu, wawasan serta pemahaman yang benar mengenai bulan Ramadhan serta amalan-amalannya. Tentunya amalan tersebut haruslah sesuai dengan tuntunan Rasullullah SAW. Saat ini banyak ulama-ulama yang sudah membahas mengenai amalan-amalan selama bulan Ramadhan dan sudah dibuat dalam bentuk buku serta banyak juga majlis-majlis ilmu yang membahas tentang Ramadhan. Dalam beramal kita harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu, jangan sampai kita mengerjakan amal yang salah yang tidak pernah dilakukan oleh tuntunan kita Nabi Muhammad SAW.
3.   Persiapan Fisik            
Persiapan fisik juga merupakan persiapan yang cukup penting. Untuk melaksanakan amalan ataupun aktifitas selama bulan Ramadhan kita haruslah memiliki kondisi fisik yang fit, stabil dan kuat. Untuk itu mulailah dari sekarang dengan menjaga pola makan dan olahraga. Selain itu kita juga dapat berlatih dengan mengerjakan puasa sunnah mulai dari sekarang, berlatih bangun untuk sholat malam dan aktifitas lainnya. Sebab dengan fisik yang kuat kita dapat meraih kemulian pada bulan Ramadhan dengan maksimal.
4.   Persiapan Harta            
Seperti yang kita tahu bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Untuk itu segala macam amalan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda oleh Allah seperti infaq dan shodaqoh. Tentunya tak lupa pula zakat fitrah yang harus kita keluarkan sebelum berakhirnya bulan Ramadhan. Maka kita perlu mempersiapkan harta kita sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan. Agar pada saat bulan Ramadhan kita bisa fokus untuk beribadah.
5.   Persiapan Peningkatan Diri            
Seperti apa diri kita dan sudah berada ditingkatan mana kita saat ini hanya kita yang tahu. Perubahan untuk lebih baik atau hijrah ke arah yang lebih baik haruslah kita laksanakan terus menerus dan hanya akan berakhir saat kita berjumpa dengan Sang Pemilik diri kita ini yaitu Allah SWT. Untuk itu dengan meningkatnya amalan-amalan kita saat bulan Ramadhan semoga dapat kita laksanakan juga pada bulan-bulan setelahnya. Ibaratnya bulan Ramadhan itu latihannya, ujiannya nanti dibulan-bulan selanjutnya. Harapannya kita juga mampu untuk melaksanakan amalan tersebut seperti puasa sunnah senin-kamis atau puasa setiap pertengahan bulan hijriah, tadarus Al-Quran dan melaksanakan sholat malam. Sehingga apabila kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun selanjutnya kita memliki persiapan yang lebih lagi dan membuat Ramadhan kiat lebih baik lagi.      
      
Dengan persiapan ini semoga amalan dan aktifitas yang kita lakukan pada bulan Ramadhan nantinya dapat kita lakukan dengan optimal. Bukankah rencana Allah SWT jauh lebih indah dari segala yang kita rencanakan.