Taiyyeb Mappasere Minta PMD Bina Desa -->
Cari Berita

Taiyyeb Mappasere Minta PMD Bina Desa

SINJAI, Bugiswarta.com---Dalam upaya penguatan tata kelola fungsi pemerintah Desa melalui tim sinergitas Pemerintah dan Masyarakat, diharapkan dapat menjadi pintu masuk untuk mempermudah pencapaian beberapa sasaran dan target yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan.

Hal itu diungkapkan Sekda Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere saat memimpin rapat pembentukan tim sinergitas penguatan tata kelola fungsi Pemerintah Desa di ruang kerjanya.

Rapat yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Budiaman, Inspektur Inspektorat, H. A. Talha Kepala Bappeda, Nikmat Situru Kadis Kominfo, H. Firdaus, Kabag Organisasi dan Tata Laksana, Haerani Dahlan Kabag Humas, Sabir Syur serta para pendamping desa dan sejumlah LSM.

" Desa mandiri merupakan salah satu target RPJMD yang harus mendapat perhatian bersama untuk kita realisasikan sesuai dengan karakteristiknya, " Kata Sekda.

Karenanya, Sekda, H. Taiyeb A. Mappasere meminta Dinas PMD sebagai leding sektor, untuk segera melakukan pertemuan dengan instansi teknis terkait guna mengidentifikasi karakteristik masing-masing Desa, dan selanjutnya saling bersinergi melakukan pembinaan dan pendampingan.

" hal lain yang mendesak diselesaikan dalam waktu singkat adalah penetapan Perdes tentang APBDes tahun 2017 pada semua desa, serta penetapan daftar kewenangan desa yang harus dipresentasikan terlebih dahulu kepada kepala desa dan segenap stakeholders, " Lanjut Taiyyeb.

Demikian halnya dengan pengelolaan keuangan desa, Sekda juga meminta aparat pengawasan pada inspektorat untuk lebih meningkatkan upaya pembinaannya, serta upaya fasilitasi penerapan teknologi informasi dan aplikasi pada Dinas Kominfo.

Dalam rapat tersebut, kepala Bappeda, Nikmat B. Situru mengungkapkan optimisnya untuk merealisasikan arahan pimpinan, yang terpenting baginya adalah komitmen pada sinergitas.

IZHAR/MULIANA AMRI