BPBD Sinjai Simulasi Evakuasi Korban Bencana Alam di Bongki Lengkese -->
Cari Berita

BPBD Sinjai Simulasi Evakuasi Korban Bencana Alam di Bongki Lengkese


BUGISWARTA.com, Sinjai---Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai gelar simulasi penanggulangan bencana yang bertempat di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur. Rabu 26 April 2017.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan disemua Daerah di Indonesia dalam rangka memperingati hari Kesiap-siagaan Bencana Nasional dengan mengangkat tema Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana.

Kepala BPBD Sinjai Junaedi Mustafa mengatakan tanpa peringatan kesiap siagaan ini pun pihak BPBD Sinjai sebenarnya tiap tahun melaksanakan kegiatan simulasi seperti ini, tentu tujuannya adalah untuk memastikan kesiapan.

"Termasuk mengukur personil dan peralatan yang akan digunakan,sehingga ketika terjadi bencana pihak BPBD sudah siap baik dari sisi penanganan maupun penanggulangannya, karna bagaimana pun juga ini adalah bentuk tindakan kemanusian, " Katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sinjai Ahmad Karim mengatakan dalam simulasi yang digelar oleh tim Rescue BPBD Sinjai.

"Ada dua tindakan evakuasi yang dilakukan, yaitu evakuasi melalui jalur darat, dan evakuasi melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu karet dan tali, " Kata Ahmad Karim.

Dari pelaksanaan kegiatan simulasi, nampak terlihat beberapa tanda yang dipasang oleh tim Rescue, diantaranya jalur evakuasi, tempat pengungsian, tempat tim medis, mobil simulasi bencana, dan dapur umum.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPBD kabupaten Sinjai, para pegawai BPBD, Kapolsek Sinjai Timur, relawan  tim rescue, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD,  tim medis dari RSUD Sinjai, Kepala Desa Bongki Lengkese, warga masyatakat Bongki Lengkese.

BURHAN/MULIANA AMRI