Titik Tengah Indonesia Umpungeng, Layak Jadi Wisata Desa Budaya -->
Cari Berita

Titik Tengah Indonesia Umpungeng, Layak Jadi Wisata Desa Budaya

Titik Tengah Indonesia Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng/Istimewa

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Titik Tengah Indonesia atau Biasa disebut The Centre Point of Indonesia Umpungeng, tidak henti-hentinya menjadi perbincangan banyak kalangan, disamping memiliki kaitan sejarah terhadap Kerajaan Bugis di Indonesia juga mengandung nilai Objek Wisata yang tidak kalah dengan wilayah Lain di seluruh penjuru Nusantara.

Umpungeng yang biasa juga disebut sebagai Amaredekangen ini terletak di deretan perbukitan yang dipercayai masyarakat menyerupai tubuh manusia yang terbujur ke barat.

Titik Tengah Indonesia belakangan ini muncul berdasarkan analisa dan petunjuk dari tehnologi informasi Google, terletak di dusun kecil Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, yang merupakan wilayah paling pinggir barat Kabupaten Soppeng. Desa ini juga diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Neneconang dan Gunung Laposo, yang tingginya antara 1000 hingga 1500 dari permukaan air laut.

Baca Berita tengtang titik tengah Indonesia

Dalam beberapa diskusi Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPBD) Kabupaten Soppeng, Faruk Adam menyebutkan bahwa mutiara terpendam Umpungen, merupakan asset yang harus dikelola dan menjadi perhatian khusus.

"Saya berfikir ini cocok untuk jadi wisata Desa Budaya, tinggal bagaimana agar Daerah tersebut tetap terpelihara Naturalisasinya, dan kesiapan warga menerima pengunjung," bebernya.

Posisi Desa Umpungeng sendiri berada diantara 5 Kabupaten dan 1 Kota Madya, dimana pada sisi barat terdapat Kabupaten Barru, disisi Utara terdapat Kota Pare-Pare dan Sidrap, disisi Timur ada kota Soppeng dan Wajo, sedangkan disisi selatan adalah Kabupaten Bone.

Bahkan Kehidupan masyarakat Umpungeng juga ramah dan sangat baik kepada para pendatang yang berkunjung, karena bagi mereka tamu adalah anugerah dan falsafah hidup yang mereka pegang secara turun temurun, yakni tamu adalah anugerah dari Allah.

Kini Umpungeng menjadi perhatian publik Indonesia dan salah satu icon budaya Kabupaten Soppeng ,tinggal infrastruktur jalanan ke Titik Tengah Indonesia ini membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Soppeng.‎

Laporan Usman Al-Khair Larampeng