Sosok Senator DPD RI Muhammad Idris Totalitas Merakyat -->
Cari Berita

Sosok Senator DPD RI Muhammad Idris Totalitas Merakyat

Jakarta. Bugiswarta.com -- Bertemu dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI satu ini, Seolah kita bertemu dengan orang tua kita sendiri. Pasalnya Politisi kelahiran Pangkep 1954-07-12 Sulawesi Selatan ini sangat peduli dan dekat dengan Masyarakat. 

Dikalangan Masyarakat Kalimantan Timur serta Kalimantan Utara, anggota DPD RI ini dikenal dengan sosok yang Islami,tegas,bijaksana dan dekat dengan Masyarakat.
Selain dipercaya oleh Masyarakat Kaltim-Kaltara menjadi Senator di Senayan Muhammad Idris juga menjabat Dewan pertimbangan MUI Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Suami Hj.Sitti Hajaza, yang di temui beberapa waktu lalu mengatakan,seorang anggota Dewan tak lebih sebagai,”Anak Rakyat”. anggota dewan atau senator adalah wakil rakyat,”yang lahir dari rakyat. Anggota dewan adalah wakil rakyat yang sudah tentu menyalurkan aspirasi rakyat,sebagai wakil rakyat,maka sudah menjadi keharusan berbakti dan menghormati aspirasi rakyat. Itu sebabnya H.Muhammad Idris selalu menyempatkan diri turun ketengah-tengah masyarakat. Yang didatangi tak cuma Konstituennya,tetapi juga masyarakat yang tak memilihnya.

Dia menggunakan kesempatan itu untuk menyerap aspirasi rakyat. sebagai wakil rakyat sangat penting melakukan komunikasi pendekatan secara intensdengan semua pemangku kepentingan baik yang ada di lembaga Legislatif maupun Eksekutif, Karena itu menjadi anggota dewan tidak bisa main-main, Harus total bekerja untuk rakyat. Intinya saya ingin mengatakan bahwa jika seorang sudah dipercaya menjadi wakil rakyat,ia harus bekerja sungguh-sungguh menjadi penyambung lidah rakyat”, jelasnya.

Sekedar diketahui tugas anggota komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap , yang mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan Daerah serta pembentukan Daerah .

Lingkup tugas Komite I sebagaimana yang dimaksud dilaksanakan dengan memperhatikan urusan Daerah dan masyarakat , adapun sebagai berikut, Pemerintah Daerah,Hubungan pusat dan daerah serta antar daerah,pembentukan atau pemekaran serta penggabungan Daerah,pemukiman dan pendudukan,pertanahan dan tata ruang, politik,hukum,Ham, dan ketertiban umum serta permasalahn daerah di wilayah perbatasan negara .

Dimata Ir.Sofian Raga, M.Si ,sosok Drs, Muhammad Idris, adalah pemersatu bangsa," menurut saya beliau adalah pemersatu bangsa, sejak pergantian antar waktu (PAW) dengan Ir.Bambang Susilo, beliau gencar mensosialisasikan Program empat pilar kebangsaan, Hal ini untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, membangun pola pikir masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Kalti dan Kaltara", jelasnya saat di konfirmasi di salah satu Warkop di area Islamic Centre Tarakan.

Lebih lanjut Wali kota Tarakan itu mengatakan, H.Muhammad Idris, ulet memperkuat pemahaman masyarakat terhadap agama maupun Undang undang dasar Negara Republik Indonesia, sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh paham radikalisme yang bertentangan dengan ideologi agama dan bangsa," Kuncinya.

Laporan : Irman
Editor     : Izhar