Universitas Sawerigading  Studi Lapang di Takalar -->
Cari Berita

Universitas Sawerigading  Studi Lapang di Takalar

TAKALAR, Bugiswarta.com -- Sekretaris Panitia Studi Lapang UNSAW 2016, Amina H. Umar (kedua dari kiri) bersama ketua panitia, Achmad Syekhu (tengah) bersama dosen-dosen  UNSAW, Umar Kamaruddin dan Adi Sumandiyar 

Universitas Sawerigading (UNSAW) Makassar, menggelar studi lapang di Desa Massamaturu Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar, pada 29-30 April 2016.

‎Peserta tahun ini berjumlah 80 mahasiswa semester enam dari fakultas hukum, sospol, tehnik dan sastera. Demikian ditegaskan Sekretaris Panitia Studi Lapangan 2016, ST. Amina. H. Umar, S.Kom, MT, ditemui di kampusnya, Selasa 5 April 2016        

‎"Selama mahasiswa berada di lokasi akan melakukan sejumlah program kerja di antaranya, melakukan observasi dan survei tentang kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang dominan hidup pada  dunia pertanian, "tegas Dekan Fakultas Tehnik UNSAW ini.


Selain obsevasi, mahasiswa juga akan melakukan kunjungan industri dengan mendatangi Pabrik Gula  Takalar, guna mengamati dari dekat proses produksi serta suasana kerja dan dinamika kehidupan dari para buruh petani tebu serta masyarakat sekitar pabrik.

"Studi lapang menjadi mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa sebelum ikut KKN, maksud dari program itu, mendekatkan mahasiswa dengan kenyataan sosial serta menguji pengetahuan teori yang didapatkan mahasiswa selama proses perkuliahan di kampus, "kata Amina.

Program studi lapang sudah dilaksanakan 1 tahun terakhir ini, lokasi kegiatan pernah di Maros, Gowa, Takalar, Barru, Pangkep, Polman, Luwu, Jeneponto dan beberapa kabupaten lainnya di Sulsel.

Yahya/Usman