Kronologi Bocornya Soal UN di Soppeng, Melibatkan Kepsek dari Makassar -->
Cari Berita

Kronologi Bocornya Soal UN di Soppeng, Melibatkan Kepsek dari Makassar

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Terungkapnya kasus bocornya Soal Ujian Nasional di Kabupaten Soppeng hingga saat ini terus bergulir bahkan Sembilan pelaku telah diamankan oleh pihak kepolisian resor Polres Soppeng.


Pelaku penjualan kunci jawaban untuk siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) berhasil diringkus Polres Soppeng bersama dua orang rekannya menjual kunci jawaban di SMA Negeri 1 Donri-donri Kabupaten Soppeng, Senin (4/4/2016) lalu.

Penangkapan ketiga pelaku tersebut berkat laporan masyarakat yang merasa resah kepada pelaku, karna anaknya yang juga mengikuti Ujian Nasional  cemas dengan anaknya yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN).

Berawal dari penangkapan, HDM (27) Mahasiswa Asal Bandung, DNA (27), Serta IRW polisi berhasil mengamankan lebih dari 300 lembar kunci jawaban, uang tunai 32 juta, dua Leptop , 3 printer, 1 modem , 3 buah Hp, 5 kartu ATM, 1 buah catatan rekapan kunci jawaban, 2 buah FD,  1 Mikro SD, 3 buah dompet ditambah 3 motor pelaku.

Dari hasil pengembangan itulah ‎Kepsek tersebut yakni Fatahuddin (58) Kepsek SMA Makassar Raya dan Mattawang (37) Kepsek SMA Citra Mulia Makassar‎ juga ditangkap.

Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji SIK MH mengatakan berwal saat kepsek tersebut
 mengambil 3 mata pelajaran pada hari senin. Kemudian diserahkan kepada Ansar staf TU untuk diperbanyak.

Setelah diperbanyak Fatahudding kembalikan ke tempat soal untuk dibagikan ke pelajar lalu
, Ansar membawa soal itu atas perintah Fatahuddin untuk dibawa ke Mattawang.

"Mattawan kemudian meminta ke Cacang untuk mengerjakannya, setelah dikerja, cacang sama bersam Ainul, mengerjakan mengirim ke Aditya Nugroho- diserahkan ke Hendra dan kawannya di Soppeng," Kata Dodied Prasetyo Aji

Saat ini penyiduk Polres Soppeng mengamankan 12 rangkap kopian soal 3 mata pelajaran,

Usman