Keren, di HJB Ada Attraksi Massallo Kawali -->
Cari Berita

Keren, di HJB Ada Attraksi Massallo Kawali

Keterangan : Terlihat pengurus Lamakkawa Bone, saat memperagakan massallo kawali dengan menggunakan badik (kawali), Selasa 5/5/2016.

BONE, Bugiswarta.com -- Antraksi Seni Massallo Kawali di Arena Bone Fair, kompleks Terminal Petta Ponggawae, Kabupaten  Bone, yang diselenggerakan oleh Aliansi Jurnalis Kreatif (AJK) Bone, di padati ribuan pengunjung, Selasa (5/4/2016) malam, 

Attraksi Massallo Kawali ini di peragakan oleh enam orang masing-masing menggunakan badik (kawali), dari Parewa Bessi Lamakkawa Bone.

Arya, yang memperagakan Massallo Kawali mengatakan, peragaan ini sebelumnya ada latihan maksimal 2 jam dan mempunyai ritual khusus.

"Iye ada latihannya, tadi sempat juga kena badik bagian kanan saya, ini baju saya robet tapi alhamdulillah tidak apa-apa ji, tidak ada juga bekasnya," Beber Arya memperlihatkan sobekan yang terdapat pada bajunya bekas badik

Senada dikatakan Safril, Seksi Pementasan Kesenian Lamakkawa Bone, Massallo Kawali atau Makkawa Kawali ini teman-teman yang bergabung dari keyakinan sendiri, dan siap memperagakan, peragaan ini juga punya ritual tersendiri sebelum main sebagai tolak bala.

"Ini merupakan Cikal bakal dari permainan rakyat dari prajurit-prajurit masa lampau, perang prajurit kerajaan bone, ini di laksanakan pada moment khusus seperti Hari Jadi Bone," Ujar Safril.

Jumrdi/Usman