Jelang Puncak HJB, Pusaka Leluhur Bone, 'ditompang' -->
Cari Berita

Jelang Puncak HJB, Pusaka Leluhur Bone, 'ditompang'

BONE, Bugiswarta.com -- Tradisi turun temurun yang masih terpelihara di Bumi Arung Palakka Kabupaten Bone disetiap ‎menjelang puncak peringatan Hari Jadi Bone (HJB) yaitu mattompang benda-benda Pusaka leluhur.‎

Jelang Dirgahayu Bone yang ke 686 yang jatuh pada Rabu 6 April 2016 mendatang, acara mattompang menjadi rangkaian kegiatan di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Bone, dimana seluruh benda-benda peninggalan raja Bone di dikeluarkan untuk dibersihkan.

Prosesi tahunan yang dilakukan di museum Arajang yang terlak di rumah jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae dan dipimpin langsung oleh Bupati Bone DR H. Andi Fahsar M Padjalangi.

Turut hadir dalam kegiatan Pra Mattompang ini, diantaranya, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Ketua DPRD Bone Andi Akbar Yahya, Sekkab Bone, Andi Surya Dharma serta Ketua Dewan Adat Kerajaan Bone Andi Baso Ahmad.

Ada beberapa benda-benda pusaka peninggalan kerajaan Bone, seperti Teddung Pulaweng (Payung Emas), Salempang pulaweng (Selempang Emas) Kawelang Latea Riduni (Badik), dan La Salaga (Tombak), dikeluarkan dari tempatnya untuk disucikan. ‎

Usman‎ Al-Khair