IPMIBAR Peringati Hari Jadi Bone Dengan Dialog Budaya -->
Cari Berita

IPMIBAR Peringati Hari Jadi Bone Dengan Dialog Budaya


BONE, Bugiswarta.com -- Dalam rangka memperingati hari jadi Bone Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bone Barat gelar Dialog Budaya kontemporer sebagai bentuk dalam merayakan hari jadi Bone ke 686 di Warkop Phinisi Makassar Sulawesi Selatan 5/4/2016

Ratusan mahasiswa mahasiswa yang tergabung dalam IPMIBAR menghadisri dialog dengan tema Manusia dan Peradaban Ditengah Kompleksitas Zaman.

Sopian Tamrin, Sp.d. sebagai pembicara memaparkan bahwa manusia itu adalah penyatuan tubuh dan jiwa yang memiliki tiga unsur yang senangtiasa konflik internal yakni epitumia(hasrat),thumos(apeksi/rasa),logistikon(rasio). 

"ketiga hal ini adalah pertautan antara apa yang kita inginkan, apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan,"ungkap sopian tamrin. 

Kemudian semestinya logistikonlah(rasio) yang harus memimpin dalam setiap tindakan manusia. tambah mahasiswa S2 Sosiologi UNM tersebut.

Budaya yang ada pada generasi nenek moyang kita lahir dari proses kontemplasi yang amat panjang sehingga melahirkan makna tentang sisi terdalam manusia dan kemudian menjadi suatu bentuk kearifan,local genius dan pappaseng yang bgitu prinsipil dan dipegang teguh masyarakat. 

"sedangkan budaya kontemporer lebih pada ekspresi rasa dan afiliasinya dengan hasrat sehingga konten budayanya menjadi gaya hidup yang berorientasi pada kenikmatan. "ungkap kembali sopian. 

Selanjutnya zulfikar ketua umum IPMIBAR menyampaikan rasa terimakasihnya pada peserta yang begitu antusias dalam mengikuti jalanya diskusi.

" kelancaran dialog ini juga tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi teman teman IPMIBAR dan pihak- pihak yang terlibat,"tambahnya.

Hamzir/Usman