Inilah Tiga Prinsip Lelaki Bugis Saat Hendak Menikah -->
Cari Berita

Inilah Tiga Prinsip Lelaki Bugis Saat Hendak Menikah

Penulis Usman

BONE, Bugiswarta.com -- Seorang Lelaki Bugis yang hendak meminang salah seorang gadis idaman tentu memiliki kendala, ibaratnya sesuatu yang berharga tidaklah mudah untuk mendapatkannya.

Hal inilah yang menjadikan seorang lelaki, yang memiliki hasrat terhadap seseorang dimana harus memegang tiga 'A' yaitu Atemmangingireng,
Awaraningen, dan Atemmasiriseng‎.

Atengmangingireng secara bahasa diartikan sebagai kesungguhan, dalam artian mendapatkan cinta wanita idaman itu membutuhkan kesungguhan yang tiada henti sehingga muncullah pepatah bugis, "iaro gettengnge dikala ku Kekke'e" bagaiamana pun kerasnya seseorang jika terus dibujuk maka akan luluh juga. Batu sekeras apapun jika ditetesi air maka akan berlubang.

Awaraningen artinya Berani, soal keberanian tidak lagi diragukan untuk lelaki bugis pasalnya didalam tubuhnya telah mengalir prinsip berani sebagaimana yang terdapat pada para leluhur bugis yang ia wariskan untuk anak cucunya.

Atemmasiriseng : Tidak Malu dalam artian sesuatu yang diniatkan untuk kebaikan maka rasa Malu mesti dicencel. 

Inilah pesan salah satu tokoh masyarakat kepada penulis bugiswarta.com saat berbincang-bincang disebuah hotel di Kabupaten Soppeng


(****)