Drs Abdollah, M.Pd., MM : Gagas Perkampungan Berbahasa Inggris -->
Cari Berita

Drs Abdollah, M.Pd., MM : Gagas Perkampungan Berbahasa Inggris

Wakil Dekan III Fakultas Sastera Komunikasi dan ABA UMI Makassar, Drs Abdollah, M.Pd (kiri) bersama dengan penulis (ist)

Muhammad Akbar, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Makassar Melaporkan dari Makassar
            
MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Pak Abdullah, panggilan akrab dosen bahasa Inggris di Universitas Muslim Indonesia Makassar (UMI) ini. Wakil Dekan III Fakultas Sastera Komunikasi dan ABA UMI Makassar, Drs Abdollah, M.Pd., MM  lahir,  17 Agustus 1996 di Wajo . Karirnya di Umi di mulai pada saat menjadi asisten dosen 1991, setelah itu dia menjadi dosen tetap  di fakultas sastra  pada mata kuliah bahasa Inggris sejak 1993.
          
Selain di home base fakultas sastera, dia juga mengajar  bahasa Inggris di beberapa fakultas lain di UMI. Setelah beberapa tahun mengajar, diangkat sebagai Wakil Dekan III fakultas sastra Komunikasi dan ABA.  Saat ini ia sudah menjabat dan menjalani priode ketiga.
              
Semasa kecilnya, tidak pernah terbayangkan menjadi dosen apalagi mengajar mata kuliah bahasa Inggris, pasalnya  ketika  sekolah ia lebih tertarik pada dunia olahraga hal itu ditunjukan saat ia lulus SMP, langsung mendaftar di Sekolah Guru Olahraga (SGO)  Parepare Sulsel.
            
Ketika  berada di jenjang  kelas 2 SGO  mulai tertarik pelajaran  bahasa Inggris dan ia mencoba untuk ikut kursus . Dia  kursus selama 2 tahun, dan pada waktu itu juga diberi kesempatan mengajar bahasa Inggris pada tempat kursusnya.  Lulus dari SGO, melanjutkan studi  pada jenjang universitas, ia memilih jurusan Akademi Bahasa Asing di UMI 1985.
            
Suami dari Maryam Yunus ini memiliki 4 anak, perempuan 3 dan 1 lakilaki. Sepanjang karirnya  telah menulis 2 buku, salah satu karyanya paling populer adalah buku  pedoman belajar bahasa Inggris, dia pakai untuk bahan mengajar kepada para mahasiswa yang diajar.
          
Disela waktu mengajar dia juga pendiri pertama pekampungan bahasa Inggris di kota Makassar . Perkampungan ini  digagas  karena merasa masih banyak mahasiswa yang belum terampil dalam berbahasa Inggris, hanya berberapa yang pada saat itu terampil, dari pengalaman  termotivasi  membuat perkampunga Inggris .
          
Perkampungan bahasa Inggris itu telah banyak  menghasilkan mahasiswa yang termpil bercakap bahasa Inggris, banyak alumni dari fakultas sastra UMI ikut dalam perkampungan itu, mencoba untuk mengikuti jejaknya.   

(****)