630 Pelajar Dapat Motivasi dari Bupati Soppeng -->
Cari Berita

630 Pelajar Dapat Motivasi dari Bupati Soppeng

Bupati Soppeng Motivasi Ratusan Siswa Peserta UN 2016.

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Dalam rangka menempuh Ujian Nasional (UN), sebanyak 630 Siswa tingkat SMA dan SMK mendapatkan motivasi dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak dalam acara yang dikemas dalam bentuk Apel Kesiapsiagaan Siswa (AKSI) menghadapi UN di Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng, Watansoppeng, Jumat (01/04/2016).

Dalam UN yang mulai berlangsung 4 April mendatang, Bupati Soppeng memberi semangat kepada ratusan siswa tersebut dengan harapan agar Siswa dapat mempersiapkan mental, fisik dan ilmu untuk menaklukkan  soal-soal UN.

"Olehnya itu jagalah kesehatan mental dan fisik serta jangan berhenti belajar dan berlatih menyelesaikan soal karena semakin sering maka semakin mahir dalam menyelesaikan soal" kata pung Aji Dulli sapaan akrab masyarakat Soppeng kepada Bupati ini.

Selain itu, harapan Bupati Soppeng agar pencapaian UN di Soppeng dapat semakin meningkat bukan hanya dari segi ketercapaian nilai, tetapi juga meningkat dari indeks integritas penyelenggaraannya.

"Bagi anak-anakku sekalian, manfaatkan seluruh fasilitas dan kemampuan dan tetap menjaga kesehatan untuk menghadapi Ujian Nasional. Prestasi dan keunggulan itu memang penting, namun yang tak kalah pentingnnya juga adalah pencapaian dengan integritas yang tinggi" paparnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati mengingatkan pesan leluhur sebagai bentuk untuk mendorong dan menyemangati para pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Bumi Latemmamala Soppeng.

"Ada falsafah bagi orang bugis yaitu Macca na Malempu. Falsafah inilah yang kalian perlu pegang teguh menjalani pendidikan berkarakter di satuan pendidikan masing-masing, dan lebih khusus dapat diterapkan untuk menghadapi ujian nasional" tuturnya.

Sedangkan Kadis Dikmudora Soppeng, H. Rusman, mengungkapkan bahwa dalam AKSI tersebut juga diadakan Try Out serentak diikuti oleh utusan siswa se Kabupaten Soppeng untuk menguji coba kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal UN.

"Tujuan AKSI menghadapi Ujian Nasional tahun ini adalah bukan hanya siswa diharapkan lulus 100 %, namun juga lulus nilai sangat memuaskan. Selain itu juga diharapkan banyak dterima diperguruan tinggi dengan jalur undangan atau bebas tes, dan pula banyak diterima diperguruan tinggi negeri melalui seleksi" tuturnya.

Kadis Dikmudora juga mengungkapkan bahwa dibanding tahun 2015, ada peningkatan jumlah peserta UN di tahun 2016. "tahun 2016 sebanyak 3.106 siswa dan meningkat pesertanya dibandingkan tahun 2015 lalu yang hanya diikuti 3.093 siswa. Sedangkan Ujian NAsional berbasis komputer di Kabupaten Soppeng akan berlangsung pada dua sekolah yaitu SMKN 1 dan SMKN 2 Watansoppeng" jelasnya.

AKSI menghadapi UN itu juga diisi dengan pengucapan ikrar Panca Siaga Siswa oleh peserta UN, penyerahan Piagam penghargaan indeks integritas UN 2014/2015 dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan juga penyerahan beasiswa pendidikan dari Bupati Soppeng.

Acara tersebut juga dihadiri para undangan yang hadir diantaranya Ketua Tim Penyusun RPJMD 2016-2021, Kabid Pendidikan Menengah Kejuaran Dinas Dikmudora, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK, manajer Lembaga Bimbel Gajahmada, dan para Kepala Sekolah SMA/SMK.

Usman