UNIDAYAN Mendatangkan Reviewer dari DIKTI dalam Rangka Asistensi Penulisan Proposal Penelitian -->
Cari Berita

UNIDAYAN Mendatangkan Reviewer dari DIKTI dalam Rangka Asistensi Penulisan Proposal Penelitian

BAUBAU, Bugiswarta.com -- Untuk dapat meningkatkan tri dharma perguruan tinggi khususnya penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Dayanu Ikhsanuddin (LPPM Unidayan) menyelenggarakan Asistensi Penulisan Proposal Penelitian pada tanggal 25 – 25 Maret 2016 di Aula kampus Istana Ilmiah Unidayan dengan mendatangkan pemateri dari reviewer proposal penelitian Dikti, Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali. Demikian ditegaskan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat Unidayan, Dahmar, SKM., M.Kes (28/3/2016).

Asistensi ini dihadiri Rektor Unidayan, Ir. H. La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, M.T, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu, Ir. Tamar Mustari, MS, Wakil Rektor Bidang Umum, Keuangan dan Sumber Daya Manusia, La Ode Ramlan, SE.,M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. La Ode Hadia, M.Si, Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama, Dr. Andi Tenri, M.Si, Ketua LPPM, Dr. Rasmuin, M.Pd, para dekan, dan para dosen ketua peneliti.

Rektor Unidayan Ir. H. La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, M.T dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan asistensi ini karena penelitian merupakan satu dari tiga komponen utama tri dharma perguruan tinggi yang menjadi keharusan oleh seorang dosen atau akademisi. Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali atas waktu dan kesempatannya untuk hadir di Unidayan dalam memberikan materi tentang cara membuat proposal yang baik dan benar sesuai dengan format Dikti.

Rektor juga dalam sambutannya berharap bahwa dengan adanya asistensi ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan semangat kepada para dosen untuk membuat proposal penelitian. Beliau juga berharap bahwa output dari kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah Penelitian dosen yang dapat diterima dan dibiayai oleh Dikti pada tahun 2017.

"Mudah-mudahan dengan adanya asistensi ini dapat memberikan semangat kepada para dosen untuk membuat proposal penelitian dan mudah-mudahan juga terjadi peningkatan jumlah Penelitian dosen yang dapat diterima dan dibiayai oleh Dikti pada tahun 2017 mendatang" harapnya.

Dr. Rasmuin selaku Ketua LPPM Unidayan dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2015 kemarin telah terkumpul sekitar 16 Proposal penelitian di LPPM dan setelah terkirim ke Dikti dan direview, terdapat satu Penelitian Disertasi Doktor, lima Penelitian Dosen Pemula, dan satu Hibah Pengabdian pada Masyarakat berhasil menerima dana. Pada tahun 2016 sebelum acara ini diselenggrakan terdapat lebih dari 30 eksemplar proposal penelitian (dosen pemula dan hibah bersaing) termasuk beberapa proposal hibah pengabdian masyarakat yang terkumpul.

Beliau juga menyampaikan kegiatan ini sudah lama menjadi prioritas untuk diselenggarakan karena harapannya dengan adanya  asistensi ini dapat mengangkat nama Unidayan khususnya pada tri dharma perguruan tinggi yaitu penelitian. Apalagi saat ini trend peningkatan jumlah proposal penelitian dosen yang terkumpul cukup signifikan.

Dalam asistensi ini, Prof. Dr. Ir. Abu Bakar menjelaskan secara detil tentang tatacara penulisan proposal penelitian sesuai format Dikti atau sesuai Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Dikti edisi IX dan X 2016 dengan memaparkan beberapa contoh proposal penelitian yang sudah lolos oleh reviewer Dikti untuk menerima dana penelitian.

Beliau juga telah membedah satu persatu proposal dosen yang terkumpul dan memberikan catatan atau masukan untuk penyempurnaan proposal penelitian kepada dosen yang bersangkutan sebelum dikirim ke Dikti.

Informasi trend penelitian di Unidayan yang berhasil memperoleh dana satu tahun terakhir yaitu pada tahun 2015 yang lalu, terdapat satu proposal Penelitian Hibah Bersaing DIKTI yang berhasil dimenangkan oleh dosen Unidayan dan pada tahun 2016 ini sebagaimana Surat MENRISTEK DIKTI Direktorat Jendral Penguatan Riset Dan Pengembangan Nomor 0299/E3/2016 Tentang Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun 2016, dosen Unidayan kembali telah memenangkan Satu Penelitian Disertasi Doktor, Lima Penelitian Dosen Pemula, dan Satu Hibah Pengabdian pada Masyarakat.

(*****)