Tunjang Upsus, Bupati Soppeng Tinjau Sarana Pertanian di Marioriawa -->
Cari Berita

Tunjang Upsus, Bupati Soppeng Tinjau Sarana Pertanian di Marioriawa

SOPPENG, Bugiswarta.com --Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak mengecek sarana pertanian dalam rangka menunjang Program Khusus (Upsus) Pertanian Kabupaten Soppeng, Minggu (13/03/2016)

Selepas melakukan kerja bakti di Rumah Sakit Latemmamala, Bupati yang juga ketua DPD Golkar Soppeng itu, bersama Dandim 1423 Soppeng Jeffry Antonius Bojoh mengunjungi beberapa lokasi di Kecamatan Marioriawa, diantaranya mata air BebbaE di Kampung Medde Desa Patampanua, dan Bendungan Salo Bunne, serta berdialog dengan petani di Desa BuluE

"Tadi kita mengecek mata air, nantinya kita liat kalau memang potensial ya kita garap, dan disitu juga ada budaya yang sejak dulu dijaga oleh masyarakat setempat" tuturnya saat meninjau mata air BebbaE yang selama ini kurang dikenal.

Selanjutnya menuju Desa Tellu Limpoe, memantau proses pengerukan Bendungan pada sungai Salo Bunne.

Bendungan yang dibangun di masa pemerintahan Belanda tersebut merupakan sarana pertanian yang mengairi persawahan di area Marioriawa.

Bupati Soppeng mengungkapkan bahwa bendungan tersebut proses pengerukannya sudah berjalan lebih dari seminggu.

"Ini merupakan bentuk Upsus Pertanian, bendungan ini di maksimalkan pemanfaatannya untuk mengantisipasi kekurangan air areal persawahan di Marioriawa" ungkapnya

Selanjutnya akan dilakukan pengerukan sungai untuk memperlancar perairan kesawah.

"Pengerukan sungai ini juga nantinya dapat meminimalisir luapan air sungai yang menggenangi rumah penduduk yang biasanya terjadi pada musim hujan" ujarnya

Di saat musim hujan, air sungai tersebut meluap hingga ke pemukiman warga di Desa Tellu LimpoE dan Desa BuluE.

Salah seorang warga setempat, Abdul Thalib mengapresiasi langkah pemerintah Soppeng yang melakukan proses pengerukan sungai tersebut.

"Dulu pernah ada pengerukan tapi tidak seluas ini, mudah-mudahan musim hujan nanti air sungai tidak meluap lagi ke rumah kami" tuturnya.

Sedangkan saat berkunjung Desa BuluE, Bupati Soppeng berdialog dengan para petani. Salah satu kelompok tani yang ada di desa tersebut akan melakukan panen raya keesokan harinya atau Senin 14 maret 2016.

(****)