The Centre Point Of Indonesia Ada Di Soppeng -->
Cari Berita

The Centre Point Of Indonesia Ada Di Soppeng

SOPPENG, Bigiswarta.com -- Tahukah Bahwa oertengahan Indonesia atau titik nol Indonesia ada di Kabupaten Soppeng, yakni tepatnya di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan

Hal ini dibuktikan dengan peta google map menunjukkan bahwa center point of  Indonesia ada di desa tersebut.

The center point of the Indonesia ini dikelilingi tiga daerah bugis yang memiliki sejarah kejayaan dimasa lampau yakni tepatnya di Kabipaten Soppeng, Barru dan Kabupaten Bone.

Bahkan berdasarkan cerita masyarakat setempat yang juga pernah disampaikan bupati soppeng HA Kaswadi Razak the center point of indonesia ini merupakan kota tertua di dalam sejarah lontara bugis.

Terbukti dengan beberapa artepak dan jejak para leluhur bugis di daerah tersebut, mulai dari batu yang berbentuk tempat duduk, rambut salah satu raja bugis yang masih dipelihara oleh masyarakat setempat yang terus memanjang yang berada di rumah arajangnge datu umpungeng.

Dengan potensi tersebut yang dimiliki oleh kabupaten Soppeng belum sepenuhnya ditunjang akses transportasi yang baik, namun yang menjadikannya menarik lantaran untuk menuju ke lokasi ini harus menggunakan motor trail.

Para penjelajah pun menerima tantangan jalan yang memiliki lebar 1 meter dengan jurang yang dalam untuk mencapai titik tengah Indonesia

Usman