SMANBO IPA2-83, Urai Kisah Kasih di Sekolah 33 Tahun Silam -->
Cari Berita

SMANBO IPA2-83, Urai Kisah Kasih di Sekolah 33 Tahun Silam

Suasana alumnus SMANBO IPA2-83 Temu Kangen di RM Aroma Labbakkang Jl. Khairil Anwar Makassar, Sabtu, (12/3-2016).

MAKASSAR,Bugiswarta.com --- "1980/1981 hingga 1982/1983. Meski hanya 3 tahun bersama. Tapi kenangan itu seolah baru saja kemarin terjadi.

Ketika itu, canda, tawa dan haru mewarmai perjalanan hidup remaja SMA di masanya. 40-an remaja III IPA 2, meski perbedaan paham dan pandangan kadang sulit dihindari, tetapi dengan jiwa kebersamaan untuk berbagi, saling mengisi, saling melengkapi  dalam ikatan bathin sebagai sesama seperjuangan dalam mengejar cita-cita, semua itu  menjadi  memori  terindah untuk dikenang. Padahal 33 tahun adalah waktu yang tidak singkat.

Kini remaja SMA tempo doeloe kembali mengurai kenangan itu. Hari ini, Sabtu, 12 Maret 2016 di Rumah Makan Aroma Labbakkang Jl Khairil Anwar Makassar adalah tempat untuk saling menyapa, saling memberikan ekspresi kerinduan secara langsung, setelah berpisah selama 33 tahun sejak pertengahan 1983.

Bayangan indah dari gadis-gadis remaja belia dengan senyum manis pemuda - pemudanyanya kala itu,  telah menghiasi  lamunan menjadi alat motivasi. Selamat Temu Kangen SMANBO IPA2-83. Makassar, 12 Marer 2016".

Inilah sepenggal kisah kasih nostalgia di sekolah 33 tahun yang silam, yang dikirim salah satu alumni III IPA2 SMA Negeri 156 Watampone Tahun 1982/1983 melalui WhatsApp miliknya, Alimuddin, kepada bugiswarta.com, sesaat sebelum Temu Kangen alumni itu berlangsung.

Meski temu kangen itu berhasil menyepakati sesuatu untuk berpartisipasi bersama alumni lainnya pada Reuni Akbar Juli tahun ini, namun acara yang sudah dikemas serelax mungkin oleh penggagasnya selaku alumni yang bertempat tinggal di Makassar otu, namun oleh sejumlah peserta dari berbagai daerah menilai bahwa acara itu sukses luar biasa.

"Ramai banget pokoknya rasa kangen terpuaskan bertemu dengan teman - teman sealumni mengenang nostalgia, masa remaja 'tempo doeloe' SMANBO IPA2-83," ujar Yulius di sela-sela temu kangen itu.

Di saat acara disteering ke ranah agak serius, para peserta mendaulat Aan, panggilan akrab Andi Anzar Amal yang Kabag Hukum Setda Bone ini untuk memimpin rapat mengenai pembahasan patisipasi alumni SMANBO IPA2-83 dalam mensukseskan Reuni Akbar ke - 60 SMA Negeri 1 (156) Watampone, 8 - 10 Juli 2016 di Watampone. Pengusul beralasan bahwa Aan adalah Ketua Kelas sejak Kelas I (1980) hingga Kelas III (1983) didampingi Bendahara Kelas juga tempo doeloe Rosidah Aras sekaligus bertindak selaku Sekretaris pada rapat itu.

Andi Anzar Amal mengapresiasi teman sealumninya atas kehadirannya di acara itu. Aan juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada H. Andi Abd. Rahman Halid (Ketua DPP Partai Hanura) yang telah memfasilitasi Temu Kangen tersebut.

Aan mengakui bahwa masih terdapat beberapa alumni SMANBO IPA2-83 yang belum menghadiri acara itu. Tetapi komunikasi antara dirinya dengan mereka via ponsel dan alat komunikasi lainnya tetap berjalan dengan baik. Ketidak hadiran mereka masing-masing memiliki alasan yang tidak bisa dihindari. H. Ansyaruddin misalnya, kata Aan, setelah cuti, saat ini sedang berada di Singapore karena company (perusahaan) tempat Capt. Ansyaruddin, M. Mar (Master Marine) bekerja berkantor pusat di Singapore. Perusahaan itu bernama RKOffshore Management Pte Ltd. Info yang baru diterima, dirinya sedang memimpin rapat untuk persiapan ke Nigeria. Begitu halnya dengan teman Capt. Muhtar yang saat ini sedang berada di atas laut sekitar Kwantan antara Malaysia dan Brunai selaku kapten kapal.

Kepada semua teman sealumni yang datang Aanpun kembali mengucapkan terima kasih seperti; Yulius (Papua), Muhammad Anwar Achmad (Kementerian Perdagangan RI di Jakarta), Abd Kadir (Pusdiklat BRI Jakarta), Jamaluddin Jamal (Dirut PT Polejiwa Mandiri Karsa berkantor Pusat di Balikpapan Kaltim, salah satu perusahaan miliknya bergerak di bidang Perdagangan Umum, Kontraktor Konstruksi dan Tambang Batubara).

Juga kepada sealumni, Prof Dr Ir Sudirman (Dekan Fakultas Peternakan Unhas), Dr Indah Raya dosen Kimia/Unhas), Drs. Amiruddin, M.Si juga Dosen di Unhas. Terima kasih semuanya terutama semua guru di sekolah saat masih menuntut ilmu pendidikan.

Mengiring kepulangan alumni ke tempat tinggal mereka masing - masing, Temu Kangen ini ditutup dengan sebuah lagu ciptaan Iwan Fals 'Kemesraan' dipimpin oleh Rosidah Aras.

Usman