Rivai Ras : Balon Gubernur Sulsel Ziarah dimakam Arung Palakka -->
Cari Berita

Rivai Ras : Balon Gubernur Sulsel Ziarah dimakam Arung Palakka

BONE, Bugiswarta.com - Rangkain Peringatan Hari Jadi Bone ke-686, yang akan dilaksanakan di Bone pada tanggal 6 April 2016 mendatang, Abdul Rivai Ras, Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Pada Pilgub 2018 mendatang, melakukan Ziarah ke makam Arung Palakka, di Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Putra kelahiran Watampone ini merupakan calon kandidat Pilgub Mendatang yang saat ini disebut-sebut untuk menjadi kosong satu yang kuat di Sulawesi Selatan.

Kepada bugiswarta.com, Rivai Ras, mengatakan bahwa sebagai putra Daerah tentunya patut kemudian diingat hegemoni raja ini serta patut  dihargai perjuangannya.

"Ziarah ini mengingatkan kita kepada hegemoni  raja tersebut. Kita  menghargai perjuangan raja yang cukup terkenal tersebut," Kata Rivai, Kepada bugiswarta.com.

Lanjut Rivai, bahwa marilah kita untuk tidak melupakan jasa para pahlawan, dan untuk mengenangnya mari kita jaga bersama sejarah yang pernah di ukir oleh para pahlawan kita.

Bagi masyarakat Bone, sosok Arung Palakka, adalah salah-satu sosok tokoh yang menjadi panutan. Dan dengan jiwa kepemimpinannya, maka "Arung Palakka" bukan hanya dapat menyatukan berbagai lapisan masyarakat yang ada, tetapi juga mengajarkan kepada masyarakat, akan arti penting rasa kebersamaan, semangat persatuan dan persatuan dalam menjaga eksistensi dan mengisi keberadaan sebuah negeri dengan berbagai aktivitas pembangunan.

"Dengan rasa dan semangat itu pula, hingga saat ini kebesaran nama Arung Palakka, tetap abadi, dan Insya Allah akan abadi selamanya," ujar Rivai.

Dikatakan, pesan moral dan hikmah yang ingin terus tanamkan dan petik melalui ziarah makam sebagaimana yang dilakukanya, adalah untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat akan arti penting dan makna jati diri sebagai seorang anak negeri bagi kejayaan negeri ini, terlebih-lebih di era globalisasi seperti saat sekarang ini.

"Maka dari itu marilah kita memperkuat jati diri dan menyegarkan ingatan akan perjuangan pahlawan Arung Palakka tersebut," Paparnya

Dijelaskan pula bahwa sebagai bagian dari sejarah Bone, sejarah yang dicatatkan "Arung Palakka" juga merupakan tempat bertanya, apakah kita yang hari ini menjadi bagian negeri ini dan akan menjadi bagian sejarah atau tidak.

"Apakah sudah berbuat maksimal untuk daerah dengan telah memberikan yang terbaik, atau tidak," Tuturnya.

Sekedar diketahui bahwa, Meski putra Bone ini banyak berdomisilih di luar provinsi, namun terbukti kepedulian beliau sehingga disela kesibukannya menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Makam Arung Palakka.

Jumardi/Usman