MUSYWIL PAN Sulsel: Kepentingan Elektora Lebih Penting dari Regenerasi -->
Cari Berita

MUSYWIL PAN Sulsel: Kepentingan Elektora Lebih Penting dari Regenerasi

Razikin bersama ketua PAN Sulsel Ashabul Kahfi

MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Pengamat politik Universitas Indonesia Razikin Juraid menyikapi proses demokrasi internal partai Anaman Nasional (PAN) Sulsel.

Apalagi belakangan ini mencuak persoalan regenerasi yang dijadikan alat kampanye bagi kepemimpinan Kakanda Drs. Ashabul Kahfi di DPW PAN Sulawesi Selatan.

"Regenerasi merupakan hal penting bagi partai politik, akan tetapi persoalan elektoral jauh lebih penting bagi partai politik sekarang ini. Regenerasi akan menjadi agenda kosong jika mengganggu strategi elektoral," Beber mantan ketua DPP IMM ini.

Dua periode kepemimpinan Pak Kahfi terbukti mampu menjaga elektabilitas PAN di Sulsel pada pemilu 2009 dan 2014.

Elektabilitas PAN tersrbut tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan Pak Kahfi dengan latar belakang sebagai Muhammadiyah dan kita tahu basis utaman suara PAN adalah warga persyarikatan Muhammadiyah.

"Jadi kalau kedepan DPW PAN Sulsel dipimpin oleh orang yang tidak dekat dengan Muhammadiyah apalagi bukan orang Muhammadiyah, maka suara PAN dipastikan merosot secara drastis," tegas bang Jack sapaan direktur KTI Watch ini.

Karena itu, kepentingan regenerasi perlu dipikir secara lebih matang dan jangan menjadikan isu regenerasi sebagai alat untuk menggantikan Pak Kahfi  dari Ketua DPW PAN Sulsel.

Usman