Dr.Nurlinah Subair, M.Si: Penyakit Kanker Penyebab Pembunuh Terbesar -->
Cari Berita

Dr.Nurlinah Subair, M.Si: Penyakit Kanker Penyebab Pembunuh Terbesar

Ketua MC3, Nurlinah Subair (kiri) menyerahkan brosur pengetahuan pencegahan penyakit kanker kepadaKetua Tim PKK Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Kartini Hamri (kanan). (foto humas MC3)
 
MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Data terakhir menunjukkan penyakit  kanker menjadi penyebab pembunuh terbesar sekitar 70 persen untuk negara berkembang jauh melampau kematian akibat penyakit HIV/AIDS, TB dan malaria.

Tetapi peluang penyakit kanker bisa disembuhkan mencapai sekitar 43 persen apabila faktor pemicunya bisa dihindari. Demikian ditegaskan Ketua Makassar Cancer Care Community (MC3), Dr.Nurlinah Subair, M.Si, pada acara sosialisasi Waspada Terhadap Perubahan pada Payudara dan Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI),  di Aula Kantor Camat Rappocini Makassar,  Rabu (9/3).

"Faktor risiko dari kanker payudara adalah, perempuan usia 35-49 tahun, keluarga dengan riwayat kanker payudara, mentruasi dini atau menepouse terlambat, tidak menikah dan tidak menyusui, pola makan berlemak, konsusmi alkohol dan radiasi. Adapun tanda-tandas kanker payudara, ada benjolan pada payudara atau ketiak, putting tertarik ke dalam, keluar cairan bukan ASI dari payudara serta payudara terasa sakit,   "tandas Dosen Dipekerjakan Kopertis (DPK) di FKIP Unismuh Makassar ini
          
Jumlah penderita penyakit kanker ini  akan terus mengalami peningkatan bila kita tidak berbuat untuk melakukan tindakan cepat pencegahan, Kegiatan sosialisasi yang dilakukan secara kontinyu MC3, diharap  dapat di perhatikan dan di implementasikan oleh kelompok masyarakat  yang rentan terserang sehingga dapat menurunkan angka penderita kanker tingkat lanjut menjadi tingkat dini, kata mantan pengurus Unit Pengembangan Pemberdayaan Perempuan Kopertis IX (UP3K) Sulawesi ini. 

Memberi pengetahuan dan pemahaman masyarakat  terhadap, Waspada Terhadap Perubahan pada Payudara dan Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) telah menjadi program MC3 sejak  tahun 2016.

" Jenis kegiatan yang rutin dilakukan adalah penyuluhan pada wanita dan hari ini melakukan penyuluhan pada Kader PKK dan kader posyandu se-Kecamatan Rappocini dan wilayah kecamatan lainnya di Kota Metropolitan Makassar, "kata doktor sosiologi PPs-UNM ini.
         
Sosialisasi kali  ini menghadirkan narasumber Dr.Septiman Rahman.SpB Onkology dan testimoni dari Survivor Breas Cancer Ir.Renny Fatmaya, MP, PhD. Kedua nara sumber itu memberi pengetahuan secara mendalam tentang kanker sehingga warga yang datang merasa senang apalagi dibarengi dengan penayangan video tentang penyakit kanker, kata anggota HIPIIS Sulsel ini.

Ketua Tim PKK Kecamatan Rappocini, Kartini Hamri kesempatan itu mengungkapkan, penyuluhan dari MC3 bagi pengurus dan kader dengan harapan  materi dari nara ketua MC3 dan kedua nara sumber agar dapat  dipahami sehingga para kader dapat  terhindar dari ancaman penyakit mematikan itu.
       
Selama acara berlangsung MC3 juga melakukan video RUMPIAN BH. Lewat video ini menayangkan soal  informasi cara memeriksa dan mengetahui gejala dan tanda-tanda awal  penyakit kanker payudara. 

Yahya /Usman