Danrem 141 Toddopuli Berikan Ceramah Deradikalisasi Dunia Maya -->
Cari Berita

Danrem 141 Toddopuli Berikan Ceramah Deradikalisasi Dunia Maya

BONE, Bugiswarta.com -- Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf Mochammad Hasan memberikan ceramah  tentang deradikalisasi Nusantara dan deradikalisasi Dunia Maya kepada 130 Praja IPDN dan Pembina IPDN yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan III di Kab. Bone Tahun 2016. Sabtu (19/3), kemarin.

Komandan Korem  141 Toddopuli, Kolonel Inf Mochammad Hasan,  mengatakan Praja IPDN adalah generasi Muda calon pemimpin bangsa, Dalam pelaksanaan tugas perlu koordinasi dan  sinkronisasi dgn aparat Koramil dan Polsek diwilayah, Agar Praja IPDN rajin belajar hingga S2 dan S3, Jangan ada lagi kekerasan antara senior dan yunior di IPDN, Bahaya terorisme dan radikalisme, cegah  simbiosis terorisme, pengaruh media sosial dan Proxy war.

Danrem menjelaskan dalam buku deradikalisasi  Nusantara bagaimana budaya nusantara, nilai luhur bangsa, pendekatan budaya dan upaya humanis yang tidak melanggar HAM dan hukum yang berbasis kesadaran dalam menghadapi kekuatan kekerasan bernama, terorisme dan radikalisasi.

Danrem menegaskan bahwa, segala upaya untuk menetralisir paham-paham radikal melalui pendekatan interdisipliner, seperti hukum, psikologi, agama, dan sosial-budaya bagi mereka yang dipengaruhi atau terekspose paham radikal dan atau prokekerasan.

"Deradikalisasi terorisme diwujudkan dengan program reorientasi motivasi, re-edukasi, resosialisasi, serta mengupayakan kesejahteraan sosial dan kesetaraan dengan masyarakat lain bagi mereka yang pernah terlibat terorisme maupun bagi simpatisan, sehingga timbul rasa nasionalisme dan mau berpartisipasi dengan baik sebagai Warga Negara Indonesia," Paparnya.

Diakhir acara Danrem menyerahkan secara simbolis buku Deradikalisasi Dunia Maya dan Deradikalisasi Nusantara kepada Bapak Suaib Ibrahim (Kasat Lat Kab) dan perwakilan Praja IPDN. Turut hadir dalam kegiatan  tersebut Kasrem 141, Para Kasi, dan Kabalakrem 141 dan Para Pasi Korem 141 Toddopuli.

Jumardi/Usman