Bukan POPDA 3 di Bone yang Bakal Melahirkan Atlet Daerah Melainkan? -->
Cari Berita

Bukan POPDA 3 di Bone yang Bakal Melahirkan Atlet Daerah Melainkan?

BONE, Bugiswarta.com - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) III, Bone, Sulsel, yang dibuka Oleh Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi, Rabu 9/3/2016, dilapangan tennis, Watampone, berpesaan agar melahirkan atlet yang potensial dan berkualitas, untuk membanggakan daerah.

Hal itu n mendapat tanggapan dari salah satu Putra Bone, Dosen fakuktas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Makassar (UNM), Fahrizal, Menuturkan bahwa, bukan popda III yang bakal melahirkan atlet daerah yang potensial melainkan proses pembinaan cabang olahraga  yang mestinya di mutakhirkan prosesnya.

"kita menyadari bahwa olahraga adalah kegiatan yang sangat mendewakan proses, sehingga untuk menghasilkan prestasi kita butuh proses pembinaan yang didalamnya terdapat prosedur dan proses latihan yang dinamis," Kata Calon Kandidat Doktor bidang Olahraga juga pembina pencak silat Kabupaten Bone, Kamis (10/3/2016).

Untuk itu lanjut, Fahrizal, Bahwa saya sepakat dengan himbauan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi, untuk menanamkan sikap integritas dalam membina atlet agar memiliki rasa cinta untuk membela daerah. untuk mewujudkan itu saatnya KONI dan Dispora serta dinas pendidikan untuk membuat rancangan strategi pembinaan cabang olahraga unggulan di Kabupaten Bone.

"Dengan tidak lagi menggunakan konsep sistem kebut semalam (SKS), sebab muara dari pembinaan adalah pelaksanaan Event atau kompetisi, jika kompetisi dilakukan tanpa ada pembinaan maka harapan akan terwujudnya prestasi optimal tidak akan tercapai," Ujarnya

Menurutnya, konsep pembinaan Interscholarship perlu dikaji oleh pakar keolahragaan beserta pihak terkait, keterlibatan pakar adalah salahsatu upaya untuk pemutakhiran pembinaan di berbagai cabang olahraga di kabupaten bone, saatnya untuk mengembalikan kejayaan bone dalam prestasi bidang keolahragaan," Pungkasnya.

Jumardi/Usman