Ayo Lihat, Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Desa Umpungeng Soppeng -->
Cari Berita

Ayo Lihat, Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Desa Umpungeng Soppeng

Foto Net
SOPPENG, Bugiswarta.com -- Gerhana Matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9/3/2015 diperkirakan pukul 07:00- 10:00 Wita diprediksi akan terlihat sempurna di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan

Alasannya Umpungeng yang menjadi titik nol Indonesia dan berada pada garis khatulistiwa menjadi bagian daripada penentu terlihatnya peristiwa gerhana matahari secara sempurna.

Desa Umpungeng Sendiri terletak 100 km sebelah utara kota Makassar dan 10 km sebelah Selatan Ibukota Kabupaten Soppeng. Dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Desa ini terletak di kawasan pegunungan Neneconang dan gunung Laposo dengan ketinggian mencapai 1000-1500 DPL.  

Kondisi ini menyebabkan cuaca di kawasan ini dingin yang menyebabkan berbeda dari daerah lain disekitarnya yang umumnya panas.

Menurut data Badan Pusat Statistik  Luas wilayah Umpungeng mencapai 85 km persegi atau sekitar 30,57 % dari total luas wilayah Kabupaten Soppeng, kawasan Umpungeng terdiri dari pegunungan dan perbukitan yang umumnya berada pada ketinggian 600 - 1500 m diatas permukaan laut.

Daerah ini merupakan wilayah paling barat Pemerintahan Kabupaten Soppeng yang berbatasan dengan Kab.Barru sebelah barat dan Kab.Bone di sebelah Selatan.

Wilayah yang beradah dilereng Gunung Poso ini merupakan daerah dengan curah hujan cukup tinggi menjadikan Desa Umpungeng sebagai kawasan resapan air yang paling utama.

Sejumlah aliran sungai menjadi pemisah  antar dusun satu dengan yang lainnya menyebabkan beberapa dusun terisolir dan hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki

Umpungeng merupakan nama salah satu dusun yang terdapat di Desa Umpungeng. Sebelum pemekaran, sebanyak kurang lebih 5 dusun yang terletak di kawasan pegunungan Kabupaten Soppeng ini yakni Dusun Umpungeng yang terdiri atas 3 RW (Umpungeng,Jennae & Bulu Batu), Dusun Liangeng, Dusun Jolle, Dusun Cenrana dan Dusun  Pangempangnge berada dalam wilayan Pemerintahan Kelurahan Lalabata yang berkedudukan di Salotungo sebuah Dusun di pinggiran Kota Kabupaten Soppeng. 

Atas prakarsa dari Alm. Bapak H.Husain (putra kelahiran Umpungeng) yang saat itu menjabat sebagai kepala dusun di Jolle, Kelurahan Lalabata di mekarkan menjadi beberapa Desa dan Desa Umpungeng merupakan salah satunya. 

Usman