Atlet Unidayan Ikut 'Berlaga' Kejuaraan Kempo Terbuka Se-Asia Tenggara -->
Cari Berita

Atlet Unidayan Ikut 'Berlaga' Kejuaraan Kempo Terbuka Se-Asia Tenggara

Ir. H. La Ode Sjamsul Qamar, M.T Saat Memberikan Sambutan
Atlet Kempo Unidayan
Baubau, Bugiswarta.com--Universitas Dayanu Ikhsanudin (Unidayan) Baubau mengutus 9 orang atlet kemponya dalam mengikuti ajang Kejuaraan Mahasiswa (Kejurmas) terbuka Shorinji Kempo se-Asia Tenggara yang akan digelar pada 17 hingga 20 Maret mendatang, di GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang. Demikian ditegaskan Kesubag TU dan Humas Unidayan, Dahmar, S.KM., M.Kes (14/3).

Rektor Unidayan, Ir. H. La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, M.T didampingi Wakil Rektor III, Drs. La Ode Hadia, M.Si, melepas secara resmi pemberangkatan para atlet di aula gedung Rektorat Istana Ilmiah Unidayan (12/3).

La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, memberikan apresiasi kepada atlet kempo untuk mengikuti Kejurmas dalam skala lebih besar."Ini adalah pengalaman pertama dalam mengikuti ajang Kejurmas terbuka Shorinji Kempo se-Asia Tenggara," kata La Ode Muhammad Sjamsul

La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, berharap semua atlet yang akan berangkat untuk bisa menjaga stamina dan berharap bisa menjadi juara.

"Semoga, atlet yang diberangkatkan bisa mendapatkan piala atau medali, sehingga dapat mengharumkan nama Kampus dan Daerah. Kita merencanakan akan memberikan penghargaan bagi mereka yang mampu meraih prestasi," ucap Rektor usai melepas secara resmi pemberangkatan.

Wakil rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. La Ode Hadia, M.Si berharap untuk para atlet yang mengikuti kontingen dapat memperoleh juara.

“Untuk mendukung kemajuan Olahraga di Daerah, maka melalui Kampus, kita bentuk mahasiswa-mahasiswa Unidayan agar menjadi atlet yang handal kedepan," ungkap La Ode Hadia yang juga pembina UKM Unidayan termasuk UKM Dojo juga

Sementara itu, Pelatih Kempo Unidayan Baubau, Iwan, mengatakan pihaknya akan mengikuti empat kelas yang akan dipertandingan yakni randori perorangan, randori beregu, embu pasangan, dan embu beregu.

"Sesuai standar pertandingan, maka atlet Kempo Unidayan yang mengikuti kegiatan ini adalah rata-rata sabuk biru dan satu orang lainnya sabuk cokelat. Mereka akan bertanding di kelas randori yang biasa disebut pertarungan bebas, dan kelas embu atau keindahan gerakan," jelasnya.

Dia mengatakan, karena ajang Internasioanl seperti ini baru pertamakali diikuti, maka kekuatan lawan belum bisa diketahui. Kendati demikian, pihaknya akan memberikan yang terbaik demi nama Kampus dan Daerah Kota Baubau, dengan tetap menjaga sportivitas.

"Kejuaraan daerah sudah sering kita ikuti, sedangkan ajang internasional baru pertama kali, sehingga kita masih meraba raba kekuatan lawan dan belum tahu lawan mana yang nantinya berat dihadapi. Kita tidak mau muluk-muluk, tapi kita akan berbuat yang terbaik," katanya.

Sekadar diketahui,atlet yang diberangkatkan ada 12 orang, 9 orang atlet ditambah 1 pelatih dan 2 orang official. Atlet-atlet ini merupakan Mahasiswa aktif di Unidayan yang tergabung di dalam organisasi Kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dojo Unidayan. Sebelumnya, mereka pernah mengikuti kejuaraan Kempo di Salah satu perguruan tinggi di Makassar dan berhasil menyabet juara I dan II.

------------
Laporan Dahmar/Usman