AJK Akan Laksanakan 'KUJILAT' di Arena Pameran Pembangunan Bone -->
Cari Berita

AJK Akan Laksanakan 'KUJILAT' di Arena Pameran Pembangunan Bone

Koordinator Panitia Khusus Bone Fair Nasruddin Zailani
WATAMPONE, Bugiswarta.com--Aliansi Jurnalis Kreatif (AJK) Kabupaten Bone akan melaksanakan Kursus Jurnalis Kilat (Kujilat) di arena pameran pembangunan atau BoneFair yang akan dilangsungkan mulai 1 sampai 7 April mendatang, di kompleks terminal Petta Ponggawa Kabupaten Bone. Pelaksanaan Bone Fair itu sendiri diselenggarakan sebagai bagian kegiatan perayaan hari jadi Bone yang ke 686.

Koordinator Panitia Khusus Bone Fair Nasruddin Zailani, menjelaskan, sejumlah kegiatan akan dihelat oleh AJK pada pelaksanaan Pameran Pembangunan, diantarannya Kujilat, lomba mewarnai, dialog dengan berbagai tema lomba permainan tradisional, lomba  magendrang (musik tradisional yang dibarengi dengan atraksi silat,red).

"Ada beberapa kegiatan yang kita akan laksanakan di Pameran nanti seperti KUJILAT, kursus jurnalis kilat ini nanti  kita akan berikan secara gratis kepada pengunjung, kita akan lengkapi dengan beberapa artikel tentang jurnalis, seperti undang-undang jurnalis, kode etik jurnalis, beberapa kegiatan nantinya akan disiarkan oleh beberapa radio ternama di Bone diantaranya Radio BIP" kata Atho, panggilan akrab Nasruddin Zailani kepada Bugiswarta.com

Atho menuturkan, KUJILAT ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dasar tentang jurnalis kepada warga." Belakangan ini banyak sekali tanggapan miring terhadap jurnalis, itulah, beginillah, makanya kami akan memberikan pemahaman, bahwa jurnalis itu adalah salah satu profesi, yang ada undang-udangnya kode etiknya dan aturan lainnya," kata Atho.

Kata Atho, selain akan melaksanakan berbagai kegiatan sebagai peserta pameran nantinya, AJK juga terlibat sebagai panitia khusus pada penyelenggaraan pameran pembangunan. Karena  Event Organizer (EO) pameran pembangunan memercayakan AJK sebagai panitia khusus pada pameran nanti.

"EO Pameran Pembangunan meminta kepada AJK untuk mensuport pelaksanaan pameran, jadi AJK sebagai panitia khusus atau sebagai sport system, jadi selaian melaksanakan kegiatan sebagai peserta biasa, AJK juga turut bertanggung jawab untuk kesuksesan pameran," Atho mengungkapkan.

Ketua AJK Bone Anwar Marjan, mengatakan keterlibatan AJK pada pameran pembangunan, baik sebagai peserta biasa maupun sebagai panitia khusus dipastikan tidak akan mengganggu tugas-tugas pokok para jurnalis yang tergabung dalam AJK.

"Walaupun AJK terlibat secara organisasi dalam pelaksanaan pameran, tapi Insyallah teman wartawan yang tergabung dalam AJK tetap akan profesional, kami tetap menjaga indevendensi kami, kalau ada yang salah pada pelaksanaan pameran tetap akan kami beritakan, walaupun kami juga panitia, dan itu sudah menjadi keputusan rapat AJK, sekali-kali jeruk makan jeruk kan tidak mengapa," kata Anwar Marjan.
-----------------
Laporan Saharuddin/Usman