14.263 RTS di Soppeng Dapat Jatah Beras Miskin -->
Cari Berita

14.263 RTS di Soppeng Dapat Jatah Beras Miskin

Raskin 2016 Soppeng Mulai didistribusikan

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Penyaluran Beras Miskin untuk tahun 2016 mulai didistribusikan. Hal tersebut ditandai dalam ceremoni penyaluran Raskin yang dilepas secara resmi oleh Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, di Halaman Kantor Bupati Soppeng, 4/3/ 2016.

Dihadapan para undangan yang hadir diantaranya Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Bulog dan jajarannya, Asisten dan para Camat,  Bupati Andi Kaswadi mengharapkan pendistribusian Raskin tersebut segera dilakukan dan terus dipantau sampai ke Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"apabila kualitas beras yang sampai ke RTS tidak sesuai dengan apa yg kita periksa barusan, tolong sampaikan kepada kami" ujarnya setelah mengecek langsung jenis dan kualitas beras yang akan disalurkan.

"Mari sama-sama kita sukseskan kegiatan ini, program ini adalah tanggungjawab kita bersama, buka ruang untuk koordinasi jika ada kendala yang terjadi di lapangan" ujar Bupati yang biasa disapa Andi Dulli ini.

Dalam laporannya, Kabag Ekonomi Setda Soppeng Hamzah Hola menjelaskan bahwa Program Raskin 2016 bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras.

"biaya pendistribusian dari gudang Kantor Seksi Logistik (Kansilog) sampai ke titik distribusi dan susut angkut menjadi tanggungjawab Kansilog, sedangkan dari titik distribusi ke penerima manfaat biaya ditanggung Pemerintah Daerah" jelasnya.

Hamzah menuturkan bahwa
Raskin tahun 2016 disalurkan kepada 14.263 RTS yang tersebar di seluruh kecamatan, dengan jumlah 180 kg/RTS/Tahun atau setara dengan 15 kg/RTS/Bulan dengan harga Rp. 1.600/kg.

Berikut rincian penyebaran jumlah RTS penerima Raskin 2016 di tiap Kecamatan.

- Kecamatan Lalabata = 2.418 RTS
- Kecamatan Ganra = 690 RTS
- Kecamatan Donri-Donri = 1.819 RTS
- Kecamatan Marioriawa = 2.443 RTS
- Kecamatan Lilirilau = 1.935 RTS
- Kecamatan Liliriaja = 1.770 RTS
- Kecamatan Citta = 588 RTS
- Kecamatan Marioriwawo = 2.960 RTS

(*******)