PNS Bone diwajibkan Pakai Songkok Recca To Bone -->
Cari Berita

PNS Bone diwajibkan Pakai Songkok Recca To Bone

BONE, Bugiswarta.com -- Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone mulai Maret 2016 dan setiap Jumat wajib memakai Songkok To Bone. Hal tersebut disampaikan Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. pada rapat persiapan perayaan Hari Jadi Bone ke-686 tahun 2016 di gedung Latea Riduni, Selasa (23/2/2016) pukul 20.00 wita seperti yang dipublish Bone.go.id

Bahkan Bupati Bone pada malam itu juga memerintahkan dengan segera kepada Bagian Hukum dan bagian kepegawaian untuk menyiapkan Perbupnya.

" Songkok To Bone ini adalah milik Bone dan kita sudah miliki copyrightnya, serta sudah terdaftar di kementerian Hukum dan Ham RI," kata Bupati 

Memang sangat ironi kata Bupati, Songkok To Bone ini adalah karya budaya kita sendiri, tapi mengapa kita tidak menjadikannya sebagai identitas, karena itu saya imbau kepada seluruh PNS Lingkup pemkab Bone disetiap hari Jumat wajib memakai Songkok To Bone. 

Salah satu karya budaya orang Bone yang kita kenal "Songkok Recca' atau Songkok To Bone " kini banyak dipakai seantero dunia. Songkok Recca' atau Songkok To Bone menurut sejarah, muncul tahun 1683 sudah digunakan pasukan kerajaan Bone dipimpin Arung Palakka sebagai identitas.

Selanjutnya pada masa pemerintahan Raja Bone ke-32  La Mappanyukki (1931-1946) Songko Recca' menjadi kopiah resmi atau songkok kebesaran bagi raja, bangsawan, dan para ponggawa-pongawa kerajaan. Untuk membedakan tingkat kederajatan diantara mereka, Songkok Recca' dibuat dengan pamiring pulaweng (pinggiran emas) yang menunjukkan strata pemakainya. Seiring perkembangan hinga kini siapapun warga Bone berhak memakainya.

Usman