Kaswadi : Fakta Integritas Jangan Hanya Sebagai Simbol -->
Cari Berita

Kaswadi : Fakta Integritas Jangan Hanya Sebagai Simbol

SOPPENG, Bugiswsrta.com -- Para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng menandatangani pakta integritas di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Rabu (24/02/2016) yang disaksikan langsung oleh Bupati Andi Kaswadi Razak dan Wabup Supriansa serta Sekda Soppeng Sugirman Djaropi.

Sejumlah pejabat tersebut diantaranya Staf Ahli, Asisten, kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kab. Soppeng.

Bupati Soppeng dihadapan jajarannya berharap penandantanganan janji tersebut merupakan komitmen dalam menjalankan tugas, fungsi, dan tanggungjawab, peran dan wewenang yang dimiliki para pejabat.

"Pakta integritas yang telah ditandatangani merupakan janji yang harus dilaksanakan, sekaligus sebagai motivasi untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dibebankan kepada saudara" tegas Kaswadi dalam sambutannya.

Pakta integritas bagi pejabat pemerintahan merupakan hal yang wajib sesuai dengan Peraturan Menpan dan reformasi birokrasi Nomor 49 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah, berdasarkan hal tersebut Pakta Integritas adalah hal yang wajib bagi para pejabat serta seluruh PNS di lingkungan kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah.

"jangan hanya dijadikan simbol lalu dilupakan, tetapi benar-benar dihayati untuk kemudian di implementasikan dalam tugas masing-masing" tambahnya.

Pakta Integritas yang ditandatangani para pejabat tersebut berisi 7 point diantaranya, :

Pertama berperan aktif dalam upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi, Kedua tidak meminta atau menerima suap, Ketiga bersikap transparant, jujur, obyektif dan akuntabel,

Keempat menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam tugas, Kelima memberi contoh kepada bawahan tentang kepatuhan terhadap aturan dalam melaksanakan tugas.

Keenam menyampaikan informasi penyimpangan integritas serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran yang dilaporkannya, dan Ketujuh siap menerima konsekwensi bila melanggar keenam point sebelumnya.

Relese Humas Soppeng