Kalijodo, Warisan Leluhur Bugis -->
Cari Berita

Kalijodo, Warisan Leluhur Bugis

Muara Angke masa VOC Belanda (sumber: KITLV)

Kalijodo, warisan leluhur bugis, yokk kita simak kisah dan ceritanya seperti yang dilansir bicara.id dalam tulisan Abdul Calid 13/2/2016.

Orang Bugis di Kalijodo tidaklah baru. Kehadiran orang-orang Bugis di kawasan yang dahulu dikenal dengan Kali Angke itu, telah berlangsung sejak masa Hindia Belanda. Tidak seperti yang diutarakan oleh Krisnha dalam bukunya, bahwa cerita kedatangan orang-orang Sulawesi ke kalijodo baru dimulai 1965, yaitu saat mereka datang sebagai pekerja di pabrik baja dan bihun yang ada di Kalijodo.

Baca Juga : Kisah : Arung Palakka Melawan Sultan Hasanuddin (5) http://www.bugiswarta.com/2014/11/kisah-arung-palakka-melawan-sultan.html?m=1

Catatan sejarah menyebutkan, kehadiran orang Bugis di kawasan Kalijodo telah dimulai pada masa kejayaan Makassar di wilayah timur nusantara, abad 17. Orang-orang Bugis yang lari dari penindasan Kerajaan Makassar, dipimpin seorang bangsawan bernama Arung Palakka dari daerah Bone, mendapat kekuasaan di kawasan kali Angke.

Selnjutnya Kisah :Kisah : Peran Arung Palakka Dalam Pembebasan Pariaman

Penguasa Batavia, kala itu perusahaan dagang Hindia Belanda (VOC) melegitimasi kekuasaan Arung Palakka di Angke dengan syarat, mereka membantu VOC memadamkan perlawanan sejumlah Kerajaan di Jawa dan Sumatra. Termasuk menyerang Kerajaan Makassar yang dikenal sebagai kerajaan terkuat di wilayah timur nusantara. VOC berkepentingan menguasai jalur perdagangan rempah-rempah di wilayah timur yang dikuasai Makassar.

Tabe lebih seru lagi diKisah : La Tenritatta Penguasa Tunggal Kerajaan Bugis (2)

Di masa Hindia Belanda, kawasan muara kali Angke telah dikenal sebagai kawasan padat. Lamanya Arung Palakka bermukim di Angke, membuat namanya tenar di Batavia. Pengikutnya dikenal pemberani dan jagoan di Angke. Dalam berbagai penaklukan pasukannya kemudian dilabeli lawan-lawannya dengan nama To Angke. Artinya, orang-orang yang berasal dari kali Angke.

Hanya saja Kalijodo yang dinilai tak memenuhi aturan, Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama yang akrab disapa Ahok itu, berencana menertibkan dan menggusur kawasan Kalijodo.

Usman