Kolaka Utara Siapkan Berigade Siaga Kesehatan -->
Cari Berita

Kolaka Utara Siapkan Berigade Siaga Kesehatan

Wakil Bupati Kolut Bobby Alimuddin Page

Kolaka Utara, Bugiswarta.com--Wakil Bupati Kolaka Utara Bobby Alimuddin Page, dinilai sebagai sosok pemimpin yang mempunyai kreatifitas dalam membangun daerahnya, serta mempunyai tekad yang kuat untuk mensejahterakan masyarakatnya.  Hal itu dapat dilihat dari sejumlah terobosan yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya.

Bobby mengatakan selama ini yang menjadi keresahaannya yakni jika ada masyarakat yang sakit dan tidak  bisa ditangani secara maksimal karena terkendala jarak antara pusat layanan kesehatan dengan domisi masayarakat yang ada dipelosok.

Namun menurut Bobby yang juga digadang-gadang akan maju dalam pemilihan kepala daerah Kolaka Utara itu. saat ini pihaknya telah melakukan terbosan dalam pelayanan kesehatan dengan membentuk brigade layanan kesehatan.

"Insya Allah masalah layanan kesehatan akan teratasi secara perlahan dengan kehadiran brigade siaga kesehatan nantinya," kata Bobby

Bobby menjelaskan brigade siaga kesehatan bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan 24 jam secara langsung dalam bentuk turun langsung dilapangan menjemput masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. 

Brigade siaga kesehatan ini didukung oleh tim dokter, perawat, dan sopir ambulance. Sistem shift berlaku, setiap hari terjadi pergantian staf yang bertugas. Para staf sebelum bertugas juga telah diberikan pelatihan tanggap darurat. Dokter dibekali pelatihan general emergency life support sedangkan bagi perawat melalui pelatihan basic trauma cardiac life support. 

"Secara umum, brigade siaga kesehatan bekerja bila mendapatkan panggilan dari masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan bantuan brigade siaga kesehatan dapat meminta pertolongan melalui call center yang suda kita siapkan lewat line telepon 24 jam, Tim brigade siaga kesehatan yang bertugas segera menjemput pasien dengan melakukan tindakan medisdi lokasi," kata Bobby

Di rumah masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, dokter dapat langsung mendiagnosa pasien untuk selanjutnya menentukan apakah si pasien hanya perlu dirawat di rumah, dirawat di puskesmas, atau harus dirujuk ke rumah sakit.

"Inilah nantinya salah satu bentuk dari realisasi visi dan misi kami dalam menbangun Kolaka Utara dari sektor kesehatan," kata Bobby

Jumardi/Usman