Warga Ulubalang Bone, dapat Materi Administrasi Kependudukan -->
Cari Berita

Warga Ulubalang Bone, dapat Materi Administrasi Kependudukan

BONE, Bugiswarta.com -- Sosialisasi administrasi kependudukan catatan sipil dan cara bercocok tanam yang tepat, dilaksanakan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama pemerintah Desa Ulubalang di Desa Ulubalang Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Sabtu (30/1/2016).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh masyarakat Desa Ulubalang, dengan narasumber Sekretaris Disdukcapil Bone, Drs. H.Andi Amda, dan Staf bagian Produksi dinas pertanian

Sekretaris Disdukcapil Bone, Drs. H.Andi Amda, mengatakan, dalam agenda sosialisasi yang dilakukan yaitu beberapa materi yang  berkenaan dengan Pentingnya melakukan pendaftaran penduduk, dan pembuatan dokumen kependudukan.

"Dalam sosialisasi tersebut, kami memberikan pengetahuan dalam memenuhi syarat-syarat yang harus dilakukan dalam pembuatan dokumen kependudukan baik itu pendataan di Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Adan Akta Perkawinan, "Ungkapnya.

Dijelaskan juga bahwa Program pelayanan perekaman  KTP Elektronik terhitung 1 Februari 2016 dapat dilakukan di Kantor camat lingkup Pemerintah Kabupaten Bone namun penerbitan dokumennya dilaksanakan di Didukcapil dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga tidak pelu buang waktu dan tenaga untuk ke Didukcapil.

"Dilain pihak beberapa kemudahan yang diberikan pemerintah dalam pengurusan dokumen diantaranya gratis, tidak perlu penetapan pengadilan terhadap pencatatan kelurahan cukup SK kepala Dinas,"Imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Ulubalang, Heril, berharap melalui sosialisasi ini akan tercipta kesamaan persepsi aparatur penyelenggara administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

"Dengan demikian, terwujud pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah dalam pengelolaan dan pelayanan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil," katanya.

---------------
Jumardi/Usman