Wabub Bone, Bahasa Bugis Harus di Lestarikan -->
Cari Berita

Wabub Bone, Bahasa Bugis Harus di Lestarikan

BONE, Bugiswarta.com - Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, mengatakan bahasa bugis daerah harus di lestarikan kembali di tanah Bone melalui kultur budaya pendidikan, pasalnya di era globalisasi ini budaya bahasa bugis makin terkikis.

Hal tersebut di ungkapkan wakil bupati Bone, dalam acara Lokakarya Pengajaran Budaya Bugis yang diselenggerakan oleh Sulapa Eppae, kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, di Gedung PKK Bone, Sabtu (9/1/2016)

"Kita harus bangga dengan bahasa bugis yang kita miliki sebagai orang bugis, olehnya itu ia berharap agar bahasa bugis benar-benar di lestarikan dengan berawal di dunia pendidikan, kita harus memulai berbahasa bugis, yang punya kewajiban dan kewenangan untuk melestarikan bahasa bugis adalah kita semua, "Katanya.

Wakil Bupati Bone berharap  kepada dinas pendidikan kalau perlu bahasa bugis diwajibkan di sekolah, "kalau perlu dalam 1 hari wajib gunakan bahasa bugis, kalau bisa juga  di berikan penghargaan khusus klu betul2 mau melestarikan bahasa bugis itu," Ujarnya.

Dalam melestarikan bahasa bugis, Guru yang paling berperan penting dalam menerapkannya bahasa bugis, agar bahasa bugis ini tidak punah di tanah air kita.

Lokakarya tersebut dihadiri oleh 365 guru, Se Kabupaten Bone, serta hadir narasumber, Ajiep Padindang anggota DPD RI juga sebagai penggagas Sulapa Eppae, dan Asmad Riadi Lamallongeng Budayawan Bone.

ImmawanJumardi/usman