Sosok Drs Buhari Lagaligo, M.Pd, Perekam Dokumentasi Pemekaran Kolaka Utara   -->
Cari Berita

Sosok Drs Buhari Lagaligo, M.Pd, Perekam Dokumentasi Pemekaran Kolaka Utara  

KOLAKA UTARA, Bugiswarta.com -- Sosok Drs Buhari Lagaligo, M.Pd, adalah salah seorang putra Kolaka Utara, pada masanya sempat merekam dokumentasi dinamika pemekaran. Bentuk dokumentasi yang dilakukan adalah melakukan penulisan buku berjudul Jejak Pemekaran Kabupaten Kolaka Utara.
        
Peran yang dijalani tersebut cukup monumental tercatat dalam sejarah pemekaran kabupaten baru ini. Kini setiap kali ada pihak ingin mengetahui dinamika dan jejak pemekaran, maka rujukan informasi dan data riel pada buku yang ditulis pada tahun 2007 ini.
      
Mantan Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kolaka Utara ini menegaskan,  setiap tahun pada  7 Januari  pemerintah dan masyarakat Kolaka Utara memperingati ulang tahun terbentuknya kabupaten. Tanggal itu disepakati sebagai hari lahir Kabupaten Kolaka Utara bersamaan peresmian oleh Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno 7 Januari 2004.
         
Berawal dari itu, maka setiap kali datangnya tanggal 7 januari, masyarakat dan pemerintah menyambut dengan menggelar bermacam kegiatan termasuk upacara resmi di lapangan. Pada kesempatan itu pula dibacakan sepintas kronologis dan proses serta dinamika sampai terwujudnya  kabupaten baru.
       
Pemerintah Kolut sudah  mengalami kesulitan  mendapatkan buku dokumentasi yang merangkum dan mencatat setiap proses pemekaran yang dilakukan oleh pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.
         
Berangkat dari kesulitan dan keterbatasan itu, sehingga dilakukan kerjasama penerbit Fahmis Pustaka Makassar, melakukan penulisan dan menerbitkan buku  Jejak Pemekaran Kabupaten Kolaka Utara. Buku dengan segala kekurangannya ini menjadi rujukan informasi soal awal terbentukan kabupaten baru sampai terpilih bupati definitif pertama.

Masmur-yahya/Usmann