Nekat, Tidak Memiliki Izin Kementrian Kesehatan, RSUD Latemmamala Soppeng Tetap Beroperasi -->
Cari Berita

Nekat, Tidak Memiliki Izin Kementrian Kesehatan, RSUD Latemmamala Soppeng Tetap Beroperasi


SOPPENG, Bugiswarta.com --Kendati status izin operasional dari Kementrian Kesehatan masih dalam proses pengurusan namun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) La Temmamala Soppeng sudah difungsikan.

Hal inipun diakui Direktur RSUD Latemmamala Soppeng Nurhadi Muda beberapa hari lalu bahwa proses pengajuan izin operasional telah dilakukan, dan untuk izin saat ini yang ia gunakan adalah izin dari Dinas Kesehatan Soppeng.

"Untuk izin operasional saat ini, kita gunakan dari Dinas Kesehatan Soppeng,karena izin kementrian masih dalam proses" kata Direktur RSUD Soppeng dr Nurhadi Muda Belum lama ini.

Nurhadi mengatakan, untuk mendapatkan izin operasional dari Kementrian Kesehatan tidak semudah itu, semua ada prosesnya dan penilaiannya, sebelumnya dirinya mengaku sudah melakukan konsultasi dengan dinas Kesehatan Provinsi dan Kementrian, jika rumah sakit ini tidak beroperasi apanya yang akan dinilai.

"Rumah sakit ini harus beroperasi dulu, jika ingin mendapatkan izin operasional dari Kementrian, karna sebelum izin keluar harus dinilai dulu oleh Kementrian." Ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mengeluarkan izin operasional, Kementerian melakukan penilaian, ada beberapa aspek yang akan dinilai diantaranya, bangunan rumah sakit, peralatan medis, sumber daya manusia dan lain sebagainya, dan jika nantinya ada yang kurang, Kementrian akan menyampaikan kepada pihak rumah sakit.

"Tidak semuda itu Kementrian mengeluarkan izin operasional, semua ada prosesnya, dan sekarang kita melakukan tahapannya."akunya.

Nurhadi menambahkan, jika rumah sakit ini tidak beroperasi pastinya yang dirugikan adalah masyarakat, karna rumah sakit sebelumnya sudah tidak bisa menampung pasien, makanya untuk mengantisipasi itu kita pindahkan ke gedung baru.

"Rumah sakit Ajjappange sudah tidak bisa menampung pasien, jadi kita pindahkan kesini,"tambahnya.

------
Usman