FISIP UNIDAYAN Baubau Laksanakan Studi Lapangan di Desa Walando -->
Cari Berita

FISIP UNIDAYAN Baubau Laksanakan Studi Lapangan di Desa Walando








Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dayanu Ikhsanuddin (FISIP UNIDAYAN) Baubau telah melaksanakan kegiatan studi lapangan pada tanggal 12 sampai dengan 15 Januari 2016 di Desa Walando Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah, yang diikuti oleh mahasiswa semester III dan V serta beberapa mahasiswa semester I.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor III, Drs. La Ode Hadia, M.Si, Wakil Rektor IV, Dr. H. Andi Tenri, M.Si, Dekan FISIP, Asran Abdullah, S.Sos., M.Si, Wadek I FISIP, Drs. La Parasit, M.Si, Wadek II FISIP, Wa Ode Rohmiati, M. S.Sos., M.Si, Kaprodi Sosiologi, Hartini Amin S.Sos., M.Si, dan Dosen Program Studi Sosiologi Rizal S.Sos., M.Si, Kepala desa Walando, Mursidi, S.Pd beserta perangkat desa, Kapolsek Gu, Bachtia), dan masyarakat  desa Walando secara keseluruhan.

Agenda kegiatan dalam studi lapangan ini terdiri dari: kegiatan Penelitian pada Masyarakat,  sosialisasi UNIDAYAN dan  program studi sosiologi, Bakti sosial dan pertandingan persahabatan antara mahasiswa Program Studi Sosiologi dengan masyarakat Desa Walando.

Agenda pertama kegiatan penelitian pada masyarakat meliputi: Gambaran Kondisi sosial ekonomi masyarakat, Sejarah, Budaya dan tradisi masyarakat, pemahaman Masyarakat tentang Politik dan kondisi kelembagaan, pembangunan fisik dan non fisik yang ada di Desa. Kegiatan penelitian ini berlangsung selama 2 hari yaitu selasa & Rabu tanggal 12 & 13 Januari 2016 dan pada malam harinya dilakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan.

Agenda kedua sosialisasi tentang UNIDAYAN & Program Studi Sosiologi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Januari di dua sekolah yakni SMUN 01 Gu dan Madrasah Aliyah Lombe. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para Guru dan siswa. Para siswa sangat antusias bertanya tentang gambaran umum UNIDAYAN dan Program Studi Sosiologi.

Agenda selanjutnya adalah kegiatan bakti sosial dan pertandingan persahabatan yang keduanya dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2015. Bakti sosial berupa pembuatan lantai pasar Sore Desa Walando yang dilaksanakan pada pagi hari jam 08.00 s/d 11.00 oleh mahasiswa dan masyarakat Desa Walando. Sedangkan kegiatan pertandingan persahabatan dilakukan pada sore hari jam 16.00 s/d 18.00. pertandingan yang dilaksanakan berupa bola gotong Putri, Tarik Tambang Putra dan Sepak Takraw.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dukungan moral dan materiil dari Mursidi, S.Pd, Kepala Desa Walando, dan Kapolsek Gu yang ikut serta memfasilitasi Lokasi Posko mahasiswa serta memberikan kendaraan operasional Polsek Gu pada Saat mengantar rombongan mahasiswa ke Pelabuhan Lombe. Selain itu mereka juga memberikan pengarahan langsung kepada mahasiswa.

Kegiatan studi lapangan di tutup dengan malam perpisahan antara mahasiswa, Kepala Desa, Kapolsek, Perangkat Desa, masyarakat dan Generasi muda Desa Walando.

“Kami berharap agar kegiatan mahasiswa di desa kami tidak hanya sebatas pada kegiatan studi lapangan yang singkat tetapi bisa dilanjutkan dengan menjadikan desa Walando sebagai lokasi  penempatan Mahasiswa KKN dari UNIDAYAN karena kami masih membutuhkan banyak masukan dan kontribusi dari dunia akademik dalam pengembangan kapasitas dan pengetahuan  masyarakat tentang dunia pendidikan”, ungkap Mursidi.

Kaprodi Sosiologi Hartini Amin S.Sos., M.Si, mengatakan bahwa studi lapangan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan untuk mengembangkan kapasitas dan kesiapan mental  fisik mahasiswa dalam berkontribusi secara langsung di masyarakat.

“Praktek penelitian sebagai agenda utama kegiatan studi lapangan ini berkaitan dengan dua mata kuliah yang saya ajarkan, yakni Sosiologi Pembangunan dan Metode Penelitian Sosial. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menstimulus kemampuan mahasiswa, mengidentifikasi permasalahan sekaligus memberikan solusi alternatif dalam pemecahan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

 “Kegiatan ini sangat berkesan karena diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan pemerintah Desa Walando. Disepakati bahwa Desa Walando menjadi Desa Binaan Program Studi Sosiologi & Program Studi Administrasi Negara FISIP UNIDAYAN,” tutup Hartini.

(Dahmar)