FISIP UNIDAYAN Baubau Laksanakan Studi Lapangan di Desa Walando -->
Cari Berita

FISIP UNIDAYAN Baubau Laksanakan Studi Lapangan di Desa Walando








Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dayanu Ikhsanuddin (FISIP UNIDAYAN) Baubau telah melaksanakan kegiatan studi lapangan pada tanggal 12 sampai dengan 15 Januari 2016 di Desa Walando Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah, yang diikuti oleh mahasiswa semester III dan V serta beberapa mahasiswa semester I.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor III, Drs. La Ode Hadia, M.Si, Wakil Rektor IV, Dr. H. Andi Tenri, M.Si, Dekan FISIP, Asran Abdullah, S.Sos., M.Si, Wadek I FISIP, Drs. La Parasit, M.Si, Wadek II FISIP, Wa Ode Rohmiati, M. S.Sos., M.Si, Kaprodi Sosiologi, Hartini Amin S.Sos., M.Si, dan Dosen Program Studi Sosiologi Rizal S.Sos., M.Si, Kepala desa Walando, Mursidi, S.Pd beserta perangkat desa, Kapolsek Gu, Bachtia), dan masyarakat  desa Walando secara keseluruhan.

Agenda kegiatan dalam studi lapangan ini terdiri dari: kegiatan Penelitian pada Masyarakat,  sosialisasi UNIDAYAN dan  program studi sosiologi, Bakti sosial dan pertandingan persahabatan antara mahasiswa Program Studi Sosiologi dengan masyarakat Desa Walando.

Agenda pertama kegiatan penelitian pada masyarakat meliputi: Gambaran Kondisi sosial ekonomi masyarakat, Sejarah, Budaya dan tradisi masyarakat, pemahaman Masyarakat tentang Politik dan kondisi kelembagaan, pembangunan fisik dan non fisik yang ada di Desa. Kegiatan penelitian ini berlangsung selama 2 hari yaitu selasa & Rabu tanggal 12 & 13 Januari 2016 dan pada malam harinya dilakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan.

Agenda kedua sosialisasi tentang UNIDAYAN & Program Studi Sosiologi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Januari di dua sekolah yakni SMUN 01 Gu dan Madrasah Aliyah Lombe. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para Guru dan siswa. Para siswa sangat antusias bertanya tentang gambaran umum UN