Baca !! Inilah Manfaat Dan Kandungan Buah Sukun dan Daunnya -->
Cari Berita

Baca !! Inilah Manfaat Dan Kandungan Buah Sukun dan Daunnya

BONE, Bugiswarta.com-- Tanaman sukun merupakan tanaman yang dapat hidup di iklim tropis dan dataran rendah. Daerah yang mempunyai suhu sekitar 20o C hingga 40o C dengan curah hujan tinggi serta lembap merupakan lokasi yang sangat ideal bagi tanaman sukun untuk bisa tumbuh utamanya di Kabupaten Bone.


Buah sukun yang kerap banyak di jadikan orang untuk dijadikan sayur sebagai pelengkap menu makanan untuk keluarga, namun disisi lain ternyata sukun tidak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kita, akan tetapi daunnya juga mempunyai beberapa kandungan dan khasiat.

Pohon sukun tidaklah asing di dengar di semua kalangan, dimana pohon sukun sering kita jumpai dimana-mana dengan tinggi pohon biasa mencapai 30 m Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah kalori.


Buah sukun kerap di komsumsi oleh berbagai kalangan, karena buah sukun memiliki cita rasa yang cukup enak, biasanya buah sukun di olah dengan cara di rebus, di goreng tau di jadikan kripik
Kini kita akan mengulas seperti apakah kandungan dan khasiat dari daun sukun itu?

Warna daun sukun yang sering kita jumpai itu memiliki warna hijau tua mengkilap, dan bentuknya besar-besar, Saat ini, munkin saja kita tidak pernah menyadari seperti apakah kegunaan dari daun sukun itu.

Padahal khasiat daun sukun sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Daun sukun mengandung kalium, yang sangat berguna karena dapat menguraikan batu ginjal sehingga bisa larut dengan mudah dan keluar dari tubuh bersama dengan urine.

Yuk mari kita intip kandungan dari daun sukun :

- Mengandung Asam amino esensial
- Mengandung Kalium
- Mengandung Riboflavin (vitamin B2)
- Mengandung Hidrosianat
- Mengandung Asteilcolin
- Mengandung Tannin
- Mengandung Polifenol

Selain itu daun sukun bisa juga di jadikan sebagai obat lho? Seperti.

-Mengobati Panu, biasanya dipakai di Kepulauan Pasifik.
-Mengobati sariawan, biasanya dimanfaatkan di India dengan cara menghancurkan daun sukun kemudian ditempelkan di bagian mulut yang terkena sariawan.
-Mengatasi pegal, orang Betawi biasa menggunakan rendaman daun sukun untuk merendam kaki. 
Masih penasaran dhe.

Masih ada nhi yang hebat khasiatnya, ternyata bisa juga menyembuhkan penyakit kronis Sebagai obat jantung


Penyakit jantung mempunyai sebab yang bermacam-macam. Namun, yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung terjadi karena tekanan darah di dalam tubuh. 

Nhi caranya :

Ambil daun sukun tua yang masih menempel di pohon,'Cuci dengan air bersih, Jemur daun sampai kering sehingga air tersisa setengahnya, Rebus daun sukun di dalam panci dengan takaran 5 gelas air.
Rebusan tersebut kemudian disaring dan hasilnya dapat diminum secara rutin. Ini akan sangat menolong penderita jantung.
Sebagai Anti Kanker

Daun sukun mempunyai sifat yang disebut anti inflamasi atau umumnya disebut anti radang. Kandungan ini berguna untuk mencegah kanker sedini mungkin. Intip Caranya :

- Satu lembar daun sukun tua direbus
- Cuci bersih di dalam panci yang sudah diisi 5 gelas air
- Tunggu hingga mendidih
- Tambahkan kembali air dengan takaran serupa, 5 gelas,
- Setelah mendidih, tambahkan kembali air sebanyak 5 gelas.
- Setelah proses yang berulang-ulang tersebut, saring lah ramuan tersebut. Minum sampai habis.



-------------------------------------
IMMawanJumardi/Usman