Awangpone Pusat Pembuatan Songkok Recca To Bone -->
Cari Berita

Awangpone Pusat Pembuatan Songkok Recca To Bone

Pengrajin Songkok Recca To Bone, Masih Populer di Kalangan Masyarakat Paccing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

BONE, Bugiswarta.com --- Pengrajin Songkok Recca To Bone kini sudah terkenal bukan hanya di Indonesia bahkan sudah  mendunia, namun Sebenarnya ketika dilihat tidak ada yang istimewa dari bahan Songkok Recca To Bone atau Songkok Pamiring, Namun ini tetap menjadi Budaya  ke istimewaan yang turun temurun di kalangan masyarakat, Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sul Sel).

Pengrajin Songkok Recca To Bone merupakan pekerjaan masyarakat Desa Paccing yang sampai saat ini masih popelur di kalangan masyarakat setempat, pasalnya pekerjaan ini yang menjadi pekerjaan sehari-harinya sebagian masyarakat di Desa tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.
Tak heran jika pengrajin Songkok Recca To Bone tetap menciptakan hasil cipta, rasa, dan karsa mereka sebagai orang Bone tersebut mendapat apresiasi baik dari masyarakat Sulawesi maupun Indonesia, bahkan sudah mendunia.

Hj. Nemmi, Pengrajin Songkok Recca, di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, yang ditemui, menceritakan sekilas pembuatan Songkok Recca yang menggunakan bahan seadanya, hanya terbuat dari serat pelapah daun lontar dengan cara-cara di pukul-pukul sampai tersisah hanya seratnya, Kata Hj. Nemmi, Kamis (21/1/2016).

Awalnya serat pelapah daun lontar ini berwarna putih, akan tetapi ini dioalah dengan dimasakkan kulit jambu mente, kemudian di celupkan didalam masakan kulit  jambu mente ini, biasanya 5 kali dicelup baru bagus, setelah anyaman songkok recca sudah selesai kepalanya direndam di lumpur sawah selama beberapa hari yang sudah disiapkan disekitar rumah

"Setelah dicelupkan di dalam lumpur, hingga proses pengeringan,  kemudian dilanjutkan proses penganyaman, hingga selesai proses pengerasan dengan menggunakan lem foks," Ujarnya.

Sekedar diketahui bahwa proses pembuatan Songkok Recca itu biasanya 3 hari di buat dalam satu songkok, paling lama satu minggu, dalam satu minggu Hj. Nemmi terkadang menyelesaikan 50 biji Songkok Recca To Bone.

Jumardi/usman