Sosok Ramsiah Tasruddin S.Ag, M.Si Memiliki Lingkungan Keluarga Berlatar Plural   -->
Cari Berita

Sosok Ramsiah Tasruddin S.Ag, M.Si Memiliki Lingkungan Keluarga Berlatar Plural  

GOWA, Bugiswarta.com -- Ramah, murah senyum dan santai itu  menjadi ciri khas pembawaan dari sosok, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunkasi Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, Ramsiah Tasruddin, S.Ag, M.Si.
      
Ditemui di ruang kerjanya, akhir Desember 2015, mengatakan, latar belakang lingkungan keluarga cukup beragam dan plural. "Ibu saya blasteran China dan Manado serta  ayah  Indonesia asli. Setiap menyambut Natal dan Lebaran telah menjadi hal yang biasa dan justru indah" tutur ibu kelahiran Kolaka 25 Februari ini

Istri dari Arfan Sery Jusuf S.Ag,M.Si ini, menyelesaikan jenjang sarjana pendidikan Bahasa Inggeris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makssar. Jenjang magister komunikasi di rampugkan di PPs-UNHAS.

Diterima jadi dosen di almamaternya beberapa tahun lalu pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jenjang karier yang telah  dilewati,  pernah jadi sekretais Diploma untuk kelas UIN Alauddin di Mamuju.  Wanita akrab disapa Bunda Cia ini, kariernya melaju jadi  ketua jurusan jurnalistik. Kini menjabat Ketua Prodi Ilmu Komunikasi  untuk periode kedua. 
 
Kepemimpinan Ramsiah memberikan warna baru bagi mahasiswa ilmu  komunikasi. Dia senantiasa berusaha menghadirkan suasana secara nyaman dan lancar pada proses pembelajaran. "Melayani mahasiswa secara maksimal, agar mendapatkan pengetahuan dan keteramilan dalam ilmu komunikasi, "tegasnya
 
Proses pembelajaran bagi mahasiswa komunikasi, diusahakan senantiasa  menghadirkan tenaga pengajar berkompoten pada disiplin keilmuannya  serta memiliki keterampilan dalam  berkomunikasi.

"Mahasiswa ilmu komniaksi saya apresiasi cerdas, karena mereka punya talenta,sekalipun itu belum  banyak dibanding jurusan lain, tapi hal tersebut  masih dapat lebih ditingkatkan lagi", ungkapnya.

Arah kebijakan dalam memberi pegetahuan da keterampilan dalam proses komunikasi, agar para mahasiswa dan alumni kelak memiliki pengetahuan dan keterampilan berdaya saing.

''Mahasiwa ilmu komunikasi yang dihasilkan  sesuai penekanan Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dr.H.Abd Rasyid Masri, S.Ag, M.Pd, M.Si, MM, pada setiap kali memberi sambutan, yakni mecetak  sosok mahasiswa petarung yang bisa berkompetisi pada lapangan kerja yang semakin tajam dan keras persainganya, tandasya.

Sejak diangkat menjadi ketua Prodi Ilmu Komunikasi periode kedua pada Oktober 2015, dia mengatakan minat mahasiswa  masuk jurusan ilmu komunikasi cukup tinggi. Tahun lalu misalnya, terpaksa ditolak  sekitar 300-an mahasiswa karena kuota  terbatas.

  Tahun depan 2016 berharap selain ruang fakultas dakwah di Kampus II Samata,  juga akan memamfaatkan kembali gedung di kampus 1 Jl. Sultan Alauddin Makassar, pada proses belajar mengajar agar mampu  menampung mahasiswa sebanyak  3-4 kelas.

 Ramsiah berpesan kepada seluruh mahasiswa ilmu komunkasi, agar membangun eksistensi dengan berharap  kurikulum, fasilitas, dan tenaga pengajar lebih bagus lagi.
Harapan bersama  agar lebih banyak lagi  tenaga dosen tetap dengan pakar di bidangnya, agar mampu  menghasilkan alumni ilmu komunikasi  yang berkualitas, kompetitif dan dibingkai dengan akhlakul karimah

--------------
Laporan: Salfika Lestari dan Dewi Septiana
Mahasiswa Komuniksi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi  UIN Alauddin Makassa