Exit Pool Trans Institute Sebut LHD Azas 22,27 Akar Super 51,49 -->
Cari Berita

Exit Pool Trans Institute Sebut LHD Azas 22,27 Akar Super 51,49

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Lembaga survey politik dan kebijakan publik Trans Institute bekerjasama dengan Quick Consultung beberapa saat lalu menyelesaikan program prediksi penghitungan suara di Pilkada Soppeng dengan metode exit pool. Metode ini adalah cara mengetahui perolehan suara di pilkada dengan menentukan sampel TPS. Di sampel TPS kemudian diambil lagi sampel pemilih secara acak.

Hasilnya, paslon nomor urut 1 LHD AZAS dengan persentase perolehan 22,72 persen dan pasangan nomor urut 2 AKAR SUPER dengan perolehan 51,49 persen dan belum menjawab 25,79 persen.

"Kami mengambil sampel dari 200 TPS secara proporsional. Sampel pemilih dipilih acak dan diperoleh keterangan dengan persentase pilihan LHD AZAS dan AKAR SUPER: tidak menjawab: ," kata Direktur Trans Institute, Syamsuddin. Margin error exit pool ini adalah plus minus 5 persen.

"Dengan demikian setelah melihat besaran pemilih yang belum memberikan jawaban serta perhitungan margin error yang maksimal 5 persen, maka AKAR SUPER kami bisa pastikan memenangkan pilkada Soppeng. Perbedaannya terhitung jauh dan sulit terkejar," tambahnya.

Selanjutnya, Trans Institute akan melanjutkan penghitungan cepat mulai pukul 13.30 wita. "Paling tidak hasil quick count kami bisa diketahui maksimal pukul 15.30," tukasnya.

--------------
Relese