Cuaca Buruk, Jadwal Keberangkatan Kapal Di Pelabuhan Bojoe Berubah-ubah -->
Cari Berita

Cuaca Buruk, Jadwal Keberangkatan Kapal Di Pelabuhan Bojoe Berubah-ubah

BONE, Bugiswarta.com -- Akibat cuaca buruk di Teluk Bone karena cuaca ektrem, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantot Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Bajoe, menginstruksikan kepada perusahaan kapal penyeberangan agar mengatur jadwalnya berdasarkan pantauan cuaca.

Sorindra, staf petugas Kelaiklautan Kapal Kantor Unit Penyelenggera Pelabuhan Bajoe, mengatakan, pihaknya sudah bersurat kepeda perusahaan kapal penyeberangan yang beroperasi di Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Sistemnya buka tutup. Kalau cuaca bagus kita berangkatkan kalau tidak maka kapal tidak ada di berangkatkan," kata Sorindra, Senin 21/12/2015.

Dia mengatakan, surat penyempaian jika jadwal kapal sewaktu-waktu berubah sudah disampaikan sejak 17 Desember 2015.

"Kita sudah sampaikan kepada pimpinan perusahaan penyeberangan melalui surat agar memerhatikan kondisi cuaca pada akhir-akhir ini yang kurang kondusif dan dianggap berbahaya untuk keselematan pelayaran," kata Sorindra.

Dia mengatakan, berdasarkan data dan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adanya peringatan siklon tropis melor yang berdampak pada cuaca ektrem yang membahayakan pelayaran.

Cuaca ekstrem di Teluk Bone sudah menelan korban dengan tenggelamnya KM Marina Baru 2B yang sedang berlayar dari Kolaka Utara menuju Siwa, Sabtu (19/12/2015). Kapal tenggelam tenggelam di Teluk Bone yang kini masih dalam proses pencarian korban yang dinyatakan hilang.

Immawan Jumardi