Bertekad Jadi Alumni KPI UIN Alauddin Yang Tangguh -->
Cari Berita

Bertekad Jadi Alumni KPI UIN Alauddin Yang Tangguh

Foto Kampus II UIN / Istimewa

GOWA, Bugiswarta.com -- Amanah yang diberikan pihak kampus akan dijalankan secara maksimal dengan menjalin kerjasama dengan seluruh civitas akademika kampus. Target hendak dicapai  dalam proses re-akreditasi prodi dari BAN-PT, nilai yang sudah ada saat ini akan ditingkankan menjadi nilai A. 
        
Demikian ditegakan Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakutas Dakwah dan Komunikasi (KPI FDK) UIN Alauddin Makassar, Dr.H.Kamaluddi Tajibu, M.Si ditemui di ruang kerjanya, Senin 21 Desember 2015 . 
       
Langkah segera ditempuh untuk mencapai nilai tertinggi dalam akreditasi BAN-PT adalah, sembilan standar penyelanggaraan pendidikan  harus dibenahi, seperti pada standar pendidik/dosenn, diupayakan  semua lulusan S2, standar sarana dan prasarana termasuk  adanya laboratorium. 
       
"Standar penyelenggaraan pendidika itu akan  kami benahi bersama civitas akademika kampus lainya, untuk  meraih akreditasi lebih tinggi, begitu pula dengan standar evaluasi  harus jelas, standar biaya, dan standar kurikulum," tegas doktor komunikasi PPs-UNHAS ini, 
       
Memberi daya saing alumni seperti seringkali  diutarakan  Dekan FDK UIN Alauddin, DR. H. Abd. Rasyid Masri, S.Ag., M.Pd., M.Si.,M.M,  dalam setiap kali kesempatan yakni menjadikan alumni petarung di dunia kerja, maka mahasiswa KPI,  harus dapat menguasai 1 potensi dari 5 potensi disediakan yakni  (da'i, fotografer, penulis, penyiar dan presenter), mereka harus dapat menguasai 1 diantara kelima hal tersebut, sehingga menjadi alumni  berpotensi dan tampil jadi petarung, 
       
Ia juga mantan Asdir PPs- Universitas Satria Makassar ini membeberkan kemampuan prodi menyajikan keterampilan kepada mahasiswa, sehingga impian dan harapan ketua dan sekretaris prodi KPI dapat menjadikan KPI FDK pioner di lingkungan fakultas. "Alumni memiliki pegetahuan dan keterampilan mengkomunikasikan Islam dengan masyarakat,  mengetahui bagaimana melakukan komunikasi dakwah yang baik dan efektif, "Ujar magister komunikasi PPs-UNHAS ini. 
     
Menjalani beberapa bulan selaku Kaprodi KPI, dia merasakan suka dan duka, tak jarang beliau mendapat kesulitan dan berbagai hambatan tetapi itu semua adalah dinamika dalam orgaisasi. Amanah yang diemban itu dijadikan  pengalaman, dan berkat dukungan  civitas akademika di prodi, maka visi dan misi prodi serta fakultas akan dengan mudah dapat direalisasikan dan diwujudkan, tandas Kamaluddin seraya menambahkan,  ''Saya mencoba menjadi pemimpin yang baik, jika tiba masanya harus menyerahakan jabatan ini, maka mungkin itulah terbaik untuk saya" ungkapnya. 
        
Kamaruddin lahir di Bulukumba 12 September  1972. Menjalani masa kecil di tanah kelahirannya, tamat SD, SMP. Memasuki jenjang SMA ke Makassar sampai tamat dan lanjut  studi S1 Ilmu Komunikasi di FISIP UNHAS 1994. Meneruskan studi ke jenjang S2 Komunikasi  PPs-UNHAS  1998, serta melanjutkan lagi ke S3  2000 di PPs- UNHAS.


-----------------------------
Laporan: Nur Anisah 
Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar