Renovasi Gedung Arajang, Pusaka Kerajaan Bone Dipindahkan -->
Cari Berita

Renovasi Gedung Arajang, Pusaka Kerajaan Bone Dipindahkan

Bendera Kerajaan Bone /net

BONE, Bugiswata.com -- Ruang penyimpanan benda pusaka leluhur (Raja-Raja) Bone di kompleks rumah Jabatan Bupati Bone yang disebut Bola Arajangnge akan di renovasi.

Olehnya itu seluruh benda pusaka yang ada didalamnya untuk sementara dipindahkan ke Kontainer khusus yang telah didesain khusus.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Andi Ihkwanuddin Burhan mengatakan sebagai bentuk perhatian. Pemerintah daerah terhadap kekayaan budaya Bone, pemerintah daerah menganggarkan untuk melakukan renovasi tempat penyimpangan.

"Saat ini ruang penyimpanannya sudah tidak representatif, dibagian dalam akan direnovasi, dan ditambahkan lemari khusus benda pusaka, " Ungkapnya

Selain itu dinding. Dan lantainya akan diperbaiki, pengelesaian pengerjaannya ditarget beberapa bulan. Dengan anggaran APBD sebesar 350 Juta.

Sebelum ruangan Arajangnge, direnovasi benda pusaka dipindahkan dengan melakukan ritual Matteddu Arajang yang dilakukan oleh sejumlah Bissu (penjaga adat bugis Bone) dilokasi tempat penyimpanan selanjutnya.

Tradisi Mateddu Arajang adalah tradisi kerajaan Bone untuk memindahkan benda pusaka. Tradisi ini ada sebelum agama Islam masuk di Bone, dan palaksanaan ritualnya hanya dipimpin oleh Bissu (orang suci) dengan membacakan mantra dalam bahasa bugis lalu melakukan tarian.

--------------------
(******)