Pilkada Soppeng : Waspada Penyaluran dana Bansos. -->
Cari Berita

Pilkada Soppeng : Waspada Penyaluran dana Bansos.

Waspada penyelewengan bansos saat Pilkada pasalnya Dana bansos bisa dijadikan alat untuk meningkatkan popularitas petahana/ calon yang didukung patahana.

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Keresahan atas maraknya korupsi dana bansos direspon mantan pengurus Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Soppeng (IMPS) Suriadi SE pasalnya dia menilai alokasi anggaran dana bansos di dianggap banyak manipulasi apalagi menjelang pemilihan kepala Daerah (Pilkada)

Menurutnya penyelewengan dana bansos paling rawan dilakukan saat menjelang Pemilu Kepala Daerah. Dana bansos rawan diselewengkan oleh kepala daerah incumbent, alias petahana.

Pemberian dana hibah dan bansos harus berpegang pada asas keadilan. "Kepala daerah harus memperhatikan waktu pemberian dana bansos dan hibah, agar tidak terkesan dilaksanakan terkait dengan pelaksanaan Pemilukada," kata Suriadi

Lebih lanjut dia mengungkapkan sebagian besar kepala daerah terjerat kasus korupsi terkait penyimpangan APBD, terutama pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, penyaluran bantuan sosial, dan juga dana hibah.

Modusnya dengan mengalirkan dana bansos ke lembaga yang terkait dengan petahana. Lembaga yang dimaksud bisa fiktif.

---------------
Usman