Kementan Kembangkan Peternak lewat SPR -->
Cari Berita

Kementan Kembangkan Peternak lewat SPR

BANTAENG, Bugiswarta.com -- Terkait rencana Kementerian Pertanian (Kementan) yang menargetkan 1.000 Sentra Peternakan Rakyat (SPR) pada tahun 2017 guna meningkatkan produksi daging dan susu nasional, Direktur Pakan Kementan, Nasrullah dalam kunjungannya ke Bantaeng, menyempatkan diri mengunjungi SPR Bajiminasa.

SPR Bajiminasa memiliki 1.069 induk sapi dari 600 orang peternak yang tersebar di 5 kelurahan di Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng. Selain itu, SPR Bajiminasa telah memiliki pabrik pengolahan pakan ternak untuk ayam dan sapi yang mampu memproduksi 5 ton perbulan.

Dalam kunjungannya, Direktur Pakan menuturkan bahwa untuk ke depannya, perhatian berupa program peternakan akan difokuskan pada SPR. Ini akan memudahkan Kementan memberikan bantuan dan pembinaan yang efektif dan berkelanjutan bagi para peternak.

"Dengan adanya SPR kita bisa memaksimalkan peternakan milik rakyat agar lebih produktif dan berkelanjutan. Programnya nanti diarahkan bagaimana mengembangkan para peternak lewat SPR." Paparnya

Ketua SPR Bajiminasa, Sudarmin Dahlan mengatakan bahwa pada awal pembentukan SPR ini sangat tidak mudah karena harus mengajak para peternak yang jumlahnya hingga 600 orang.

"Kami melakukan penyadaran akan pentingnya membentuk Sentra Peternakan Rakyat. Akhirnya kami membentuk tim 9 yang dipilih dari para peternak. Tim 9 inilah yang menjalin komunikasi dengan anggota dan dengan pemerintah dalam rangka pengembangan SPR Bajiminasa." Bebernya

------------------------
(******)