FPM Rapat Bersama Stakeholder Meeting Bahas HIV / AIDS -->
Cari Berita

FPM Rapat Bersama Stakeholder Meeting Bahas HIV / AIDS

SIDRAP, Bugiswarta.com -- Forum Peduli Mustad'afin mengadakan pertemuan dengan beberapa stakeholder yang ada di Kabupaten Sidrap. Rabu, 18/11/2015. Pertemuan ini diadakan di Warkop Arty Pangkajene Sidrap. Yang hadir diantaranya beberapa Unsur dari Kepala SKPD Kab. Sidrap, Muspida, LSM. Ormas dan beberapa unsur organisasi kemahasiswaan yang ada di Kabupaten Sidrap.

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas tentang pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan penularan virus HIV/AIDS yang merupakan masalah besar yang ada di Kabupaten Sidrap.

"kami berinisiatif mengadakan kegiatan ini untuk membahas langkah langkah serius dalam menangani maslah besar ini, karena kita ketahui masalah narkoba dan HIV/AIDS merupakan mata rantai yang sulit dipisahkan". Keterngan Ahlan, Koordinator FPM Sidrap.

Hadir sebagai pembicara dikegiatan tersebut adalah Bapak Makmur, Kepala Kesatuan Bangsa dan Linmas, Ibu Santi Perwakilan Komisi Penaggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sidrap dan Ahlan dari Forum Peduli Mustad'afin. Kegiatan dipandu oleh Aswagino yang merupakan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sidenreng Rappang.

Kepala Kesbang dan linmas menerangkan "kegiatan ini merupakan wujud bela negara, tentu sasaran utama kita adalah pembangunan karaakter dan kesadaran generasi muda yang umumnya terjerat masalah narkoba ini, dan tentu kita pada pertemuan ini mampu meramu langkah paraktis yang nyata yang lebih serius tentunya". Ujarnya. "tentu dengan kekuatan hukum yang riil" tambahnya.

Dari keterangan KPA Sidrap menerangkan bahwa ada 131 orang yang positif terjangkit virus HIV yang ada di kabupaten Sidrap, sebagian besarnya adalah pecandu narkoba. "ini adalah masalah yang kami tangani, titik kesimpulannya bahwa peredaran narkoba dan penyalahgunaannya merupakan faktor serius terhadap penularan virus HIV di kabupaten Sidrap" terang Ibu Santi.

Dikesempatan yang sama disaat memandu kegiatan, ketua Umum IMM Sidrap menuturkan bahwa mahsiswa yang merupakan unsur dari masyarakat sipil harus siap berperan aktif dalam program ini,

"remaja dan pemuda merupakan aset daerah harus kita selamatkan. Pembicaraan formal semacam ini sudah terlalu sering kita lakukan. Peran nyata kita harus terliahat setelh keluar dr tempat ini. Apa tindakan kita? Kami siap menjadi mitra Pemerintah dan semua unsur yang ingin berperan di program ini. Kita harus terjun langsung ke masyarakat. Dampingi mereka! Kami siap jadi pelopor" tegasnya.

Perntanyataan ini direspon positif oleh peserta yang hadir,buktinya dalam lanjutan agenda tersebut IMM mendapat kepercayaan sebagai OKP yang akan melaksanakan kegiatan peringatan Hari AIDS seduniaatas restu dan kerjasama dengan Pemerintah daerah yakni Dinas Kesehatan Kbupaten Sidrap, FPM sidrap, SSR TB/HIV 'Aisiyyah Sidrap dan KPA Sidrap. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember mendatang.

---------
Asw-Usman